BAB V
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan temuan dan
hasil-hasil yang diperoleh, peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut
:
1.
Penerapan
pembelajaran model VCT pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang
Kompetensi Dasar "Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam", dapat
meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
2.
Penerapan
pembelajaran model VCT dapat meningkatkan penguasaan materi belajar siswa.
3.
Penerapan
pembelajaran model VCT dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa dalam
kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, yaitu menjadi lebih memahami bagaimana
melakukan tindakan pencegahan (preventif) untuk menghadapi peristiwa alam yang
sering terjadi di tempat tinggalnya.
4.
Pembentukan
kelompok belajar harus memperhatikan tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa,
agar terjadi interaksi yang harmonis dan terjadi kerja sama yang efektif dalam
proses pembelajaran.
5.
Pemberian
bimbingan secara intensif masih tetap diperlukan supaya pembelajaran dapat
berlangsung secara efektif dan efisien.
6.
Strategi
pembelajaran yang mengaitkan pengetahuan awal siswa serta dengan memanfaatkan
pengalaman siswa di dalam lingkungan sebagai sumber belajar mampu meningkatkan
motivasi belajar siswa.
1. Saran
a. Saran Untuk Peneliti
Dalam pelaksanaan penelitian
tindakan perbaikan pembelajaran ini masih terdapat variabel ekstra yang tidak
terkontrol dan berpengaruh pada validitas hasil, yaitu faktor pengulangan
pembelajaran dengan materi yang sama. Keberhasilan tindakan perbaikan ini
dimungkinkan karena adanya faktor pengulangan tersebut. Penelitian selanjutnya
sebaiknya lebih meminimalisir variabel ekstra ini.
b. Saran Untuk Penerapan Hasil
Pendekatan pembelajaran
model VCT ini terbukti teiah melibatkan berbagai kemampuan siswa, metode
pembelajaran, dan pengelolaan kelas sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan
pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran. Ada baiknya apabila pendekatan
pembelajaran ini juga diterapkan pada materimateri pembelajaran yang lain,
khususnya materi-materi yang ada kaitannya dengan budi pakerti dan moralitas
siswa.
2. Tindak Lanjut
Hasil-hasil penelitian ini
akan dicoba untuk ditindaklanjuti kembali dengan mengurangi variabel ekstra
yang turut berpengaruh terhadap tingkat validitasnya. Selain itu pendekatan
pembelajaran model VCT ini akan dicoba untuk diterapkan pada kegiatan
pembelajaran pada materi-materi yang berbeda.
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660