Sunday, April 22, 2012

PTK IPS KELAS VI BAB V

BAB V
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Berdasarkan temuan dan hasil-hasil yang diperoleh, peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.        Penerapan pembelajaran model VCT pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Kompetensi Dasar "Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam", dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
2.        Penerapan pembelajaran model VCT dapat meningkatkan penguasaan materi belajar siswa.
3.        Penerapan pembelajaran model VCT dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, yaitu menjadi lebih memahami bagaimana melakukan tindakan pencegahan (preventif) untuk menghadapi peristiwa alam yang sering terjadi di tempat tinggalnya.
4.        Pembentukan kelompok belajar harus memperhatikan tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa, agar terjadi interaksi yang harmonis dan terjadi kerja sama yang efektif dalam proses pembelajaran.
5.        Pemberian bimbingan secara intensif masih tetap diperlukan supaya pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
6.        Strategi pembelajaran yang mengaitkan pengetahuan awal siswa serta dengan memanfaatkan pengalaman siswa di dalam lingkungan sebagai sumber belajar mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

 
B.  Saran dan Tindak Lanjut
1. Saran
a.       Saran Untuk Peneliti
Dalam pelaksanaan penelitian tindakan perbaikan pembelajaran ini masih terdapat variabel ekstra yang tidak terkontrol dan berpengaruh pada validitas hasil, yaitu faktor pengulangan pembelajaran dengan materi yang sama. Keberhasilan tindakan perbaikan ini dimungkinkan karena adanya faktor pengulangan tersebut. Penelitian selanjutnya sebaiknya lebih meminimalisir variabel ekstra ini.
b.      Saran Untuk Penerapan Hasil
Pendekatan pembelajaran model VCT ini terbukti teiah melibatkan berbagai kemampuan siswa, metode pembelajaran, dan pengelolaan kelas sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran. Ada baiknya apabila pendekatan pembelajaran ini juga diterapkan pada materi­materi pembelajaran yang lain, khususnya materi-materi yang ada kaitannya dengan budi pakerti dan moralitas siswa.
2. Tindak Lanjut
Hasil-hasil penelitian ini akan dicoba untuk ditindaklanjuti kembali dengan mengurangi variabel ekstra yang turut berpengaruh terhadap tingkat validitasnya. Selain itu pendekatan pembelajaran model VCT ini akan dicoba untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran pada materi-materi yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660