Home » , » Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Perpindahan Energi Panas melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD

Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Perpindahan Energi Panas melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD

Written By Bapak Rinoto on Thursday, April 26, 2012 | 6:41 PM


ABSTRAK

......................-....................... 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Perpindahan Energi Panas melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD ....................... Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. .......................

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar IPA.
         Masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah; (1) Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat mempermudah siswa dalam memahami materi? (2) Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa? (3) Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kesungguhan siswa dalam pembelajaran?
            Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini memiliki beberapa tujuan : (1) untuk menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi terhadap kemudahan siswa dalam memahami materi pembelajaran (2) untuk menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa (3) untuk menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan kesungguhan siswa dalam belajar.
Setting dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD ...................... Tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus mencakup empat tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan (planning) yang meliputi kegiatan mengidentifikasi masalah dan menetapkan rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan (acting) yaitu dengan melaksanakan tindakan berupa pembelajaran dengan menerapkan metode simulasi, (3) pengamatan (observing) yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran dengan mengumpulkan data untuk mengetahui efektifitas tindakan yang dilakukan, (4) refleksi (reflecting) yaitu melakukan analisis data yang diperoleh dari pengamatan. Secara keseluruhan data yang diperoleh meliputi hasil belajar siswa, motivasi siswa, kinerja guru dan keaktifan siswa serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran

0 comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660