Saturday, April 21, 2012

PTK IPS KELAS VI BAB I


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Pembelajaran di sekolah dasar (SD) yang dilakukan oleh guru bertujuan mendidik dan membina siswa untuk menjadi manusia yang pandai dan berperilaku baik serta sesuai dengan norma­/aturan, akan tetapi pada kenyataannya banyak permasalahan yang muncul yang menjadikan tugas guru semakin komplek. Guru hanya mementingkan tercapainya target kurikulum. Mereka tidak mempertimbangkan kompetensi dasar yang ditentukan sehingga dalam prosesnya, hanya mementingkan terselesaikannya materi bahan ajar dengan tidak mempertimbangkan metode, proses yang baik, dan apa yang akan diperoleh siswa setelah pembelajaran selesai. Hal ini berakibat pada hasil belajar yang kurang maksimal baik dari sisi kognitif maupun afektif.


Hal ini diketahui pada saat pembelajaran tentang “Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam,” siswa kelas VI yang berjumlah 9 anak ternyata hanya ada 3 siswa yang terlihat serius mengikuti pembelajaran.

Dari hasil tes formatif pada akhir pembelajaran, ternyata diketahui hanya ada 3 siswa yang tuntas belajar yaitu memperoleh nilai 70.

Permasalahan di atas hendaknya dapat diatasi oleh guru dengan cara berusaha menerapkan berbagai cara pendekatan belajar, penggunaan metode, dan penggunaan media, sehingga diharapkan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar menjadi lebih baik.

Berdasarkan beberapa hal tersebut di atas maka perlu mengadakan penelitian dengan judul “Peningkatkan Prestasi Siswa terhadap Materi tentang Menjelaskan Tindakan Pencegahan (Preventif) yang Dilakukan untuk Menghadapi Peristiwa Alam dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran VCT pada Pelajaran IPS  Kelas VI SD .................................. Kecamatan ............................ Kabupaten .............................”

1.    Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah dalam proses pembelajaran sebelumnya diperoleh melalui diskusi dengan supervisor, teman sejawat, dan kepala sekolah. Dari diskusi tersebut teridentifikasi beberapa masalah, yaitu rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, rendahnya sikap ingin tahu siswa, dan rendahnya hasil belajar/prestasi siswa.

2.    Analisis Masalah

Berdasarkan identifikasi, refleksi diri, kaji literatur, dan diskusi dengan supervisor, diketahui beberapa kemungkinan yang menjadi faktor penyebabnya dapat dianalisis bahwa guru kurang memberi motivasi pada siswa, siswa hanya dijadikan pendengar dalam kegiatan belajar mengajar, endekatan pembelajaran yang digunakan kurang sesuai, dan penjelasan guru bersifat abstrak.

3.      Perlu Adanya Solusi

Agar permasalahan dapat dipecahkan maka perlu melakukan tindakan yaitu mengkaji masalah melalui mendengarkan pembacaan cerita teman dan mendengarkan cerita melalui kaset/VCD agar dapat meningkatkan prestasi siswa terhadap materi tentang menjelaskan tindakan pencegahan (preventif) yang dilakukan untuk menghadapi peristiwa alam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Value            ClarificationTechnique (VCT) atau Teknik Pengungkapan Nilai pada pelajaran IPS  kelas VI.

B.        Rumusan Masalah

Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis di atas, maka perbaikannya menggunakan pendekatan Value ClarificationTechnique (VCT) atau Teknik Pengungkapan Nilai.

Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Apakah pendekatan VCT dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS tentang mengidentifikasi bencana alam yang ada di Indonesia dan sekitamya?
  2. Apakah pendekatan VCT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang mengidentifikasi bencana alam yang ada di Indonesia dan sekitarnya?
  3. Apakah pendekatan VCT dapat meningkatkan daya serap siswa dalam pembelajaran IPS tentang mengidentifikasi bencana alam yang ada di Indonesia dan sekitarnya di SD ..................................?
  4. Apakah pendekatan VCT dapat meningkatkan prestasi siswa dalarn pembelajaran IPS tentang mengidentifikasi bencana alam yang ada di Indonesia dan sekitarnya?
C.    Tujuan Penelitian

Berpedoman pada latar belakang tersebut, yang menjadi tujuan dari penelitian ada dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus:

1.    Tujuan Umum
  • Memenuhi tugas mata kuliah “Pemantapan Kemampuan Profesioanal” (PDGK 4501) pada program sudi S-1 PGSD.
  • Memperbaiki kinerja guru agar pembelajaran menjadi lebih bermakna.
  • Berpartisipasi aktif dalam inovasi pendidikan, khususnya pada mata pelajaran IPS.
  • Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran.
  • Memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa sehingga prestasinya menjadi lebih baik.
2.    Tujuan Khusus
  • Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru mendesain pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran VCT pada pelajaran IPS dengan meningkatkan pemahaman siswa.
  • Menerapkan pendekatan pembelajaran VCT pada pelajaran IPS di SD.
  • Untuk mengetahui seberapa tinggi meningkatnya minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran VCT.
  • Untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa.
D.    Manfaat Penelitian
  1. Siswa, dapat memperbaiki prestasi belajarnya, serta dapat menjelaskan tindakan pencegahan (preventif) yang dilakukan untuk menghadapi peristiwa alam.
  2. Guru, membantu memperbaiki kinerjanya, dan berkembang secara profesional.
  3. Sekolah, membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan kemampuan guru dan peningkatan prestasi belajar siswa.
  4. Bagi kepala sekolah, penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk kebijakan dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar (KBM) dan meningkatkan prestasi belajar siswa serta perlunya kerjasama yang baik antara guru dan kepala sekolah.

1 comment:

  1. thanks PTKnya.

    Ayo ikuti cerdas cermat Online se-Jawa timur seri 2, dengan banyak hadiah jutaan rupiah dan juga ada tablet PC dan lain lain, kompetisinya garatis tidak di pungut biaya sepeser pun.

    ReplyDelete

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660