Friday, April 20, 2012

PTK IPA KELAS III ABSTRAK

Abstrak merupakan intisari dari sebuah laporan PTK maupun karya ilmiah. Dengan membaca abstrak, kita sudah bisa mengetahui garis besar permasalahan yang dibahas dalam sebuah laporan PTK. Berikut ini contoh ABSTRAK PTK IPA KELAS III:

ABSTRAK

Nama. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Program Studi S1 PGSD. FKIP. Universitas Tahun.

Rumusan masalah yang disusun adalah sebagai berikut: Apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III terhadap materi pembelajaran IPA tentang pengaruh energi? Apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan peran aktif siswa kelas III dalam proses pembelajaran IPA?

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh informasi faktual tentang penggunaan metode inkuiri: 1) terhadap kemudahan siswa dalam memahami materi pembelajaran; 2) terhadap peningkatan kesungguhan belajar siswa; 3) terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) Observasi; dan 4) refleksi.

Dari analisis data diketahui bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang mencapai ketuntasan baru 48%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 12% dari studi awal menjadi 60%. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 12% dari siklus I menjadi 72%, dan pada siklus III mengalami kenaikan 28% menjadi 100%. Hal yang sama juga terjadi pada kesungguhan belajar siswa.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode inkuiri mampu mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran; Penggunaan metode inkuiri mampu meningkatkan kesungguhan siswa dalam belajar; Penggunaan metode inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660