BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Mengajar tidak hanya mentransfer ilmu
pengetahuan kepada peserta didik, tetapi juga merupakan kegiatan guru untuk
membimbing atau memfasilitasi siswa untuk menemukan pengetahuan dan pengalaman
belajar.
Menurut
Robert J. Havighurt dalam Mikarsa (1995:7) anak usia SD memiliki karakteristik
senang bermain, senang bergerak, senang belajar atau bekerja dalam kelompok dan
senang melakukan atau melaksanakan serta memperagakan sesuatu secara langsung. Karakteristik
membawa implikasi bahwa guru harus mampu merancang model pembelajaran yang
memungkinkan adanya unsur permainan, anak berpindah atau bergerak, anak bekerja
dalam kelompok, dan anak terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan
informasi. Hal ini senada dengan pendapat yang disampaikan oleh Ningrum
(2003:41) “mengajar adalah membina siswa bagaimana belajar, bagaimana berfikir,
dan bagaimana mencari informasi.
Dengan
memperhatikan pendapat di atas mengajar juga bukan sekedar mempersiapkan siswa
menghadapi Ujian Nasional, Ujian Akhir Sekolah, atau pun tes untuk masuk
jenjang sekolah berikutnya. Tujuan hakiki mengajar menurut S. Belen (2003:18)
adalah mempersiapkan siswa untuk paling tidak dapat bertahan hidup di masa datang dan
berbuat banyak bagi orang lain.
Dalam
pembelajaran IPA sering ditemui berbagai permasalahan yang apabila diabaikan
akan menghambat pencapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu refleksi
dilakukan untuk dapat menemukan kekurangan-kekurangan yang menjadi penyebab
timbulnya permasalahan tersebut. Dari hasil refleksi ternyata kegiatan
pembelajaran yang saya lakukan lebih berorientasi pada guru, kegiatan siswa
hanya sebatas duduk, mendengarkan ceramah, dan mencatat. Saya masih menganggap
fungsi utama mengajar adalah menyampaikan informasi tanpa memperhatikan
bagaimana cara menyajikan informasi tersebut bagi siswa, sehingga materi dapat
terserap baik dan maksimal. Dengan demikian kenyataan yang ada adalah rendahnya
penguasaan materi pada mata pelajaran IPA. Dari hasil ulangan harian siswa
tentang “perpindahan dan perubahan energi panas” hanya 9 dari 24 siswa yang berhasil menguasai
materi di atas 70% sedangkan siswa yang lainnya masih perlu mendapatkan perbaikan.
Berdasarkan
rekaman proses pembelajaran dan hasil belajar tersebut, peneliti meminta
bantuan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang
telah dilaksanakan. Dari hasil diskusi dengan supervisor terungkap adanya
masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu:
1.
kesungguhan belajar siswa rendah.
2.
kerjasama siswa dalam kelompok belajar
rendah.
3.
tingkat keaktifan siswa dalam mencari
informasi dan menunjukkan rasa ingin tahu rendah.
Berdasarkan
hasil identifikasi masalah tersebut, peneliti mencoba melakukan analisis
masalah, berdiskusi dengan teman sejawat dan supervisor, serta bertanya kepada
siswa tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari rangkaian proses tersebut,
akhirnya dapat dianalisis beberapa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab
rendahnya hasil belajar siswa, yaitu:
1.
Guru tidak menggunakan alat peraga
selama proses pembelajaran.
2.
Guru kurang memperhatikan perkembangan
kognitif siswa.
3.
Guru tidak memberikan kesempatan penuh
kepada siswa untuk melibatkan dirinya selama kegiatan pembelajaran, atau
pembelajaran hanya berfokus pada kegiatan guru.
Oleh karena itu perlu
dilakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan judul
“Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Perpindahan Energi Panas melalui Metode
Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD ......................”.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran, maka masalah yang menjadi
fokus perbaikan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.
Apakah penggunaan metode demonstrasi
dapat meningkatkan kesungguhan belajar siswa?
2.
Apakah penggunaan metode demonstrasi
dapat meningkatkan kerja sama siswa dalam kelompok?
3.
Apakah penggunaan metode demonstrasi
dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mencari informasi dan rasa ingin tahu
siswa dalam belajar?
4.
Bagaimana cara menggunakan metode
demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perpindahan Energi
Panas pada siswa kelas IV SD ...................... semester 2 tahun pelajaran
2010/2011?
C.
Tujuan Penelitian
1.
Tujuan Umum
Tujuan
umum penelitian ini adalah:
a.
Untuk mengkongkritkan pembelajaran dan
dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran IPA sehingga pembelajaran lebih
bermakna bagi siswa.
b.
Untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
c.
Mengembangkan
model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovaif.
2.
Tujuan Khusus
a.
Untuk meningkatkan kesungguhan siswa
dalam pembelajaran.
b.
Untuk meningkatkan kerja sama siswa
dalam pembelajaran.
c.
Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran.
d.
Untuk menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi terhadap pembelajaran.
D.
Manfaat Penelitian
Manfaat
pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas meliputi
manfaat teoritis dan manfaat praktis.
1.
Manfaat Teoritis
a.
Mendapatkan pengetahuan baru tentang
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan sendiri melalui
metode demonstrasi.
a.
Memberikan wawasan yang lebih luas
tentang penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
b.
Hasil penelitian ini dapat digunakan
sebagai dasar untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
2.
Manfaat Praktis
a.
Bagi Guru
1)
Menambah pengetahuan dan meningkatkan profesionalitas.
2)
Memperoleh cara yang tepat dalam
mengajarkan IPA khususnya tentang perpindahan energi.
b.
Bagi Siswa
Melalui
peran aktif siswa akan terjadi pengembangan keterampilan:
1)
Meningkatkan kesungguhan siswa dalam
belajar.
2)
Meningkatkan kerja sama siswa dalam
kelompok.
3)
Meningkatkan keaktifan siswa dalam
mencari informasi dan rasa ingin tahu dalam belajar.
4)
Meningkatkan hasil belajar siswa.
c.
Bagi Sekolah
1)
Menjadikan sekolah lebih maju, karena
adanya peningkatan kemampuan guru dan pendidikan di sekolah tersebut.
2)
Ketuntasan hasil yang dicapai akan
mendukung pencapaian tujuan sekolah.
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660