BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Pendidikan di Indonesia sekarang ini terpengaruh oleh perkembangan yang
terjadi di dunia, termasuk model dan pendekatan pembelajarannya. Para guru
dalam melaksanakan pembelajaran sudah menggunakan berbagai macam model dan
pendekatan pembelajaran, namun hasilnya tetap belum maksimal. Pada akhirnya
diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara
materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa
membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Metode pembelajaran inkuiri atau menemukan yang merupakan bagian inti
dari kegiatan pembelajaran adalah salah satu bagian dari pendekatan CTL. Dengan
metode inkuiri pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan
bukan hasil dari mengingat fakta akan tetapi hasil dari menemukan sendiri,
terutama di dalam memecahkan suatu masalah.
Selama ini pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar ...........................
Kecamatan ........................... Kabupaten ...........................
masih belum berkembang, metode dan pendekatan pembelajaran yang bervariasi
masih jarang digunakan terutama di kelas V, pembelajaran IPA masih dilakukan
dengan metode ceramah, mencatat, dan
menghafal.
Kondisi siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung terlihat masih
pasif, siswa hanya sebatas mendengarkan penjelasan guru, siswa hanya
berkomentar ketika diberi pertanyaan oleh guru, siswa belum berani
mengungkapkan pendapat tentang materi pelajaran yang diterimanya, bahkan ada
beberapa siswa yang asyik bermain sendiri tidak menghiraukan apa yang
disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa masih sangat rendah. Hal
ini terbukti dari dua kali pelaksanaan tes formatif, hasil yang diperoleh belum
mencapai ketuntasan. Dari 24 anak yang mengikuti tes formatif, baru 13 anak (54
%) yang mencapai ketuntasan.
Melihat hal semacam itu guru berpikir bahwa pembelajaran yang selama ini
dilakukan belum berhasil. Masih banyak ditemukan masalah dalam proses
pembelajaran yang dilaksanakan selama ini.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu melakukan Penelitian Tindakan
Kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu
memecahkan masalah mengenai kompetensi dasar mengidentifikasi cara tumbuhan
hijau membuat makanan, dengan cara mencari sendiri pemecahannya, sedangkan guru
hanya sebagai pembimbing.
Diharapkan setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini keaktifan
siswa dalam proses pembelajaran lebih meningkat sehingga hasil belajar/prestasi
siswa dapat meningkat pula.
Kondisi siswa kelas V SD ........................... dalam proses
pembelajaran selama ini kurang aktif sehingga tujuan pembelajaran belum
tercapai. Tingkat ketuntasan belajar baru mencapai 54 % padahal yang tingkat
ketuntasan belajar diharapkan adalah 75%.
Berdasarkan observasi dan diskusi dengan observer diketahui adanya
masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu kemampuan siswa
dalam mencari dan menemukan atau konsep masih kurang, serta keberanian siswa
dalam memberikan pendapat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki masih rendah,
hal itu disebabkan oleh:
1. Metode
yang digunakan guru kurang tepat.
2.
Siswa kurang aktif dalam proses kegiatan
pembelajaran.
3.
Siswa tidak diberi kesempatan untuk mencari
sendiri konsep materi pelajaran.
Setelah melakukan perenungan tentang permasalahan yang terjadi di kelas V
ditemukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang
bervariasi, terutama pada penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran.
Untuk menjawab semua permasalahan pembelajaran, maka perlu adanya
perbaikan proses pembelajaran di kelas V SD ...........................
Kecamatan ........................... Kabupaten ...........................,
yaitu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
- Perumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalahnya adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA tentang
mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan melalui penggunaan metode
inkuiri di kelas V SD ...........................?”
- Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Tujuan umum penelitian ini adalah:
a. Mengkongkritkan pembelajaran dan melibatkan siswa dalam pembelajaran
sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.
b. Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
c. Mengembangkan model pembelajaran PAKEM.
d. Untuk meningkatkan kinerja guru.
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar IPA tentang mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
melalui penggunaan metode inkuiri di kelas V SD ............................
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi
siswa, guru, dan sekolah khususnya, dan bagi dunia pendidikan pada umumnya.
Manfaat penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat
penelitian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Manfaat Teoritis
a. Mendapatkan pengetahuan baru tentang
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan sendiri melalui
model CTL dan metode inkuiri.
b. Memberikan wawasan yang lebih luas
tentang penggunaan model CTL dan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
c. Hasil penelitian ini dapat digunakan
sebagai dasar untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi siswa
Manfaat penelitian bagi siswa adalah:
1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam
menemukan pengetahuan sendiri.
2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3) Meningkatkan hasil belajar siswa.
4) Meningkatkan perhatian siswa dalam
pembelajaran.
b. Bagi Guru
Manfaat penelitian bagi guru adalah:
1) Memperbaiki kualitas kegiatan
pembelajaran.
2) Sebagai sarana perbaikan kinerja guru
untuk dapat mengembangkan penggunaan metode pembelajaran.
3) Menambah pengetahuan, wawasan, dan
pengalaman bagi guru.
4) Memberikan solusi kepada guru lain
memecahkan masalah.
5) Meningkatkan profesionalisme guru.
c. Bagi Sekolah
Manfaat penelitian bagi sekolah adalah:
1) Memberi masukan kepada penyelenggara
sekolah dalam upaya memperbaiki dan merumuskan program sekolah ke depan.
2) Membantu sekolah untuk maju dan
berkembang
3) Meningkatkan kualitas belajar secara umum
3) Meningkatkan kualitas belajar secara umum
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660