Monday, April 23, 2012

PTK IPA KELAS V BAB I


BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Pendidikan di Indonesia sekarang ini terpengaruh oleh perkembangan yang terjadi di dunia, termasuk model dan pendekatan pembelajarannya. Para guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah menggunakan berbagai macam model dan pendekatan pembelajaran, namun hasilnya tetap belum maksimal. Pada akhirnya diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Metode pembelajaran inkuiri atau menemukan yang merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran adalah salah satu bagian dari pendekatan CTL. Dengan metode inkuiri pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil dari mengingat fakta akan tetapi hasil dari menemukan sendiri, terutama di dalam memecahkan suatu masalah.
Selama ini pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar ........................... Kecamatan ........................... Kabupaten ........................... masih belum berkembang, metode dan pendekatan pembelajaran yang bervariasi masih jarang digunakan terutama di kelas V, pembelajaran IPA masih dilakukan dengan metode ceramah, mencatat,  dan menghafal.
Kondisi siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung terlihat masih pasif, siswa hanya sebatas mendengarkan penjelasan guru, siswa hanya berkomentar ketika diberi pertanyaan oleh guru, siswa belum berani mengungkapkan pendapat tentang materi pelajaran yang diterimanya, bahkan ada beberapa siswa yang asyik bermain sendiri tidak menghiraukan apa yang disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa masih sangat rendah. Hal ini terbukti dari dua kali pelaksanaan tes formatif, hasil yang diperoleh belum mencapai ketuntasan. Dari 24 anak yang mengikuti tes formatif, baru 13 anak (54 %) yang mencapai ketuntasan.
Melihat hal semacam itu guru berpikir bahwa pembelajaran yang selama ini dilakukan belum berhasil. Masih banyak ditemukan masalah dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu memecahkan masalah mengenai kompetensi dasar mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan, dengan cara mencari sendiri pemecahannya, sedangkan guru hanya sebagai pembimbing.
Diharapkan setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini keaktifan siswa dalam proses pembelajaran lebih meningkat sehingga hasil belajar/prestasi siswa dapat meningkat pula.
Kondisi siswa kelas V SD ........................... dalam proses pembelajaran selama ini kurang aktif sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai. Tingkat ketuntasan belajar baru mencapai 54 % padahal yang tingkat ketuntasan belajar diharapkan adalah 75%.
Berdasarkan observasi dan diskusi dengan observer diketahui adanya masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu kemampuan siswa dalam mencari dan menemukan atau konsep masih kurang, serta keberanian siswa dalam memberikan pendapat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki masih rendah, hal itu disebabkan oleh:
1.      Metode yang digunakan guru kurang tepat.
2.      Siswa kurang aktif dalam proses kegiatan pembelajaran.
3.      Siswa tidak diberi kesempatan untuk mencari sendiri konsep materi pelajaran.
Setelah melakukan perenungan tentang permasalahan yang terjadi di kelas V ditemukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang bervariasi, terutama pada penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran.
Untuk menjawab semua permasalahan pembelajaran, maka perlu adanya perbaikan proses pembelajaran di kelas V SD ........................... Kecamatan ........................... Kabupaten ..........................., yaitu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

  1. Perumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalahnya adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA tentang mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan melalui penggunaan metode inkuiri di kelas V SD ...........................?

  1. Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
Tujuan umum penelitian ini adalah:
a.       Mengkongkritkan pembelajaran dan melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.
b.      Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
c.       Mengembangkan model pembelajaran PAKEM.
d.      Untuk meningkatkan kinerja guru.
2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan melalui penggunaan metode inkuiri di kelas V SD ............................

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah khususnya, dan bagi dunia pendidikan pada umumnya. Manfaat penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat penelitian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.      Manfaat Teoritis
a.       Mendapatkan pengetahuan baru tentang cara meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan sendiri melalui model CTL dan metode inkuiri.
b.      Memberikan wawasan yang lebih luas tentang penggunaan model CTL dan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
c.       Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi siswa
Manfaat penelitian bagi siswa adalah:
1)      Meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan sendiri.
2)      Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa.
4)      Meningkatkan perhatian siswa dalam pembelajaran.
b.      Bagi Guru
Manfaat penelitian bagi guru adalah:
1)      Memperbaiki kualitas kegiatan pembelajaran.
2)      Sebagai sarana perbaikan kinerja guru untuk dapat mengembangkan penggunaan metode pembelajaran.
3)      Menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman bagi guru.
4)      Memberikan solusi kepada guru lain memecahkan masalah.
5)      Meningkatkan profesionalisme guru.
c.       Bagi Sekolah
Manfaat penelitian bagi sekolah adalah:
1)      Memberi masukan kepada penyelenggara sekolah dalam upaya memperbaiki dan merumuskan program sekolah ke depan.
2)      Membantu sekolah untuk maju dan berkembang 
3)   Meningkatkan kualitas belajar secara umum

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660