TYPE COOPERATIVE LEARNING
- STAD
b.
Teams
c.
Individual
Quizzes
d.
Individual
Improvement score
e.
Team
recognition
- TGT
a.
Teacher
Presentation
b.
Teams
study
c.
Tournament
d.
Team
recognition
- JIGSAW
a.
Reading
b.
Expert
Group Discussions
c.
Team
reports
d.
Assessment
e.
Team
recognition
Menurut Robert E
Slavin dan kawan-kawan , model CL tipe STAD
terdiri dari 5 komponen (fase) , yakni:
•
Presentasi
Kelas
•
Pembentukan
tim
•
Kuis
•
Perubahan
skor individu
•
Pengakuan
tim
Fase STAD
Fase 1 : Guru presentasi di depan
kelas, menyampaikan tujuan
pembelajaran
Fase 2 : Guru membentuk kelompok
Fase 3 : Bekerja dalam kelompok
Fase 4 : Scaffolding. Guru
melakukan bimbingan kepada kelompok atau kelas
Fase 5 : Validation. Guru
mengadakan validasi hasil kerja
kelompok
Fase 6 : Quizzes. Guru
mengadakan kuis secara individual
Fase 7 : Penghargaan kelompok
Fase 8 : Evaluasi oleh guru
Fase TGT
Fase 1 : Guru
presentasi kelas, menyampaikan tujuan pembelajaran
Fase 2 : Guru
membagi kelompok
Fase 3 : Kerja
kelompok mengerjakan LKS
Fase 4 : Scaffolding.
Guru mengadakan bimbingan kelompok
Fase 5 : Quizzes
tournament. Pelaksanaan kuis
Fase 6 : Validation.
Guru memvalidasi kunci jawaban
Fase 7 : Team
recognition (Penghargaan tim)
Fase 8 : Evaluasi
oleh guru
Fase Jigsaw
Fase 1 :
Presentation oleh guru, menyampaikan tujuan
pembelajaran
Fase 2 : Pembagian
kelompok
Fase 3 : Pembagian expert,
masing² kelompok mengirimkan
wakilnya
Fase 4 : Team
report. Presentasi oleh tim expert (di kelompok) dengan LKS
Fase 5 : Validation
oleh guru
Fase 6 : Quizzes
Fase 7 : Team
recognition (penghargaan tim)
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660