Tuesday, April 24, 2012

Type Cooperative Learning


TYPE COOPERATIVE LEARNING

  1. STAD
     a.       Class Presentation
     b.      Teams
     c.       Individual Quizzes
     d.      Individual Improvement score
     e.       Team recognition
  1.      TGT
     a.       Teacher Presentation
     b.      Teams study
     c.       Tournament
     d.      Team recognition
  1. JIGSAW
a.       Reading
b.      Expert Group Discussions
c.       Team reports
d.      Assessment
e.       Team recognition

Model pembelajaran CL type STAD
Menurut Robert E Slavin dan kawan-kawan , model CL tipe STAD  terdiri dari 5 komponen (fase) , yakni:
         Presentasi Kelas
         Pembentukan tim
         Kuis
         Perubahan skor individu
         Pengakuan tim

Fase STAD
Fase 1  :    Guru presentasi di depan kelas,      menyampaikan tujuan pembelajaran
Fase 2  :    Guru membentuk kelompok
Fase 3  :    Bekerja dalam kelompok
Fase 4  :    Scaffolding. Guru melakukan bimbingan kepada kelompok atau kelas
Fase 5  :    Validation. Guru mengadakan validasi      hasil kerja kelompok
Fase 6  :    Quizzes. Guru mengadakan kuis secara individual
Fase 7  :    Penghargaan kelompok
Fase 8  :    Evaluasi oleh guru

Fase TGT
Fase 1 : Guru presentasi kelas, menyampaikan tujuan pembelajaran
Fase 2 : Guru membagi kelompok
Fase 3 : Kerja kelompok mengerjakan LKS
Fase 4 : Scaffolding. Guru mengadakan bimbingan kelompok
Fase 5 : Quizzes tournament. Pelaksanaan kuis
Fase 6 : Validation. Guru memvalidasi kunci             jawaban
Fase 7 : Team recognition (Penghargaan tim)
Fase 8 : Evaluasi oleh guru

Fase Jigsaw
Fase 1 : Presentation oleh guru, menyampaikan         tujuan pembelajaran
Fase 2 : Pembagian kelompok
Fase 3 : Pembagian expert, masing² kelompok mengirimkan wakilnya
Fase 4 : Team report. Presentasi oleh tim expert (di kelompok) dengan LKS
Fase 5 : Validation oleh guru
Fase 6 : Quizzes
Fase 7 : Team recognition (penghargaan tim)

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660