Friday, April 20, 2012

PTK IPA KELAS III BAB V


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
  1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan temuan yang diperoleh pada siklus I, II, dan III dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.      Penggunaan metode pembelajaran inkuiri dengan metode bervariasi dari diskusi, penugasan, peragaan, dan pengamatan pada pembelajaran IPA konsep “pengaruh energi”, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2.      Penggunaan metode pembelajaran inkuiri dengan metode bervariasi dari diskusi, penugasan, peragaan, dan pengamatan pada pembelajaran IPA konsep “pengaruh energi”, dapat meningkatkan keaktifan siswa belajar.

  1. Saran
1.         Bagi Guru/Peneliti
a.       Guru sebagai pendidik perlu mengadakan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan kemampuan profesionalnya.
b.      Guru hendaknya menggunakan model dan metode yang bervariasi pada setiap kegiatan pembelajaran.
c.       Guru hendaknya memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan dan mengolah pengetahuannya sendiri.
2.         Peningkatan Mutu Pendidikan
a.       Sebagai seorang pendidik yang selalu harus berinovasi untuk mendapatkan pengetahuan yang memadai agar tidak tertinggal dengan perkembangan pengetahuan yang semakin pesat.
b.      Guru hendaknya selalu aktif dan bekerja sama dengan teman sejawat dalam menemukan dan memecahkan masalah bersama.
c.       Perlu adanya wadah yang kokoh dan solid untuk digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme guru.
d.      KKG/MGMP yang telah lama ada agar diberdayakan lagi, kegiatan lesson study juga merupakan tempat yang sangat baik guna meningkatkan kemampuan guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
e.       Guru harus meningkatkan kemampuannya, baik melalui pendidikan maupun seminar-seminar serta diklat, atau melalui PTK.


PTK bab selanjutnya silahkan klik di tag, atau lihat postingan lainnya di tag/kategori. Bagi yang menghendaki file-nya Laporan PTK lengkap dari judul di atas silahkan dapat SMS saya di nomor HP. 081328239660, akan saya kirimkan filenya ke alamat email anda setelah anda transfer ongkos ketik Rp. 50.000,- ke BNI Cabang Kebumen no rek. 0222010799 a.n. Rinoto.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660