Monday, April 23, 2012

Peningkatkan Prestasi Siswa pada Pelajaran IPS Tentang Tindakan Preventif untuk Menghadapi Peristiwa Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran VCT pada Kelas VI SD


ABSTRAK

............................-820074186. Peningkatkan Prestasi Siswa pada Pelajaran IPS Tentang Tindakan Preventif untuk Menghadapi Peristiwa Alam Melalui   Pendekatan Pembelajaran VCT pada Kelas VI SD ................................... Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Program Studi S1 PGSD. FKIP. Universitas Terbuka. UPBJJ-Purwokerto. 2011.
Rumusan masalah yang disusun adalah “Apakah penggunaan pendekatan pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS terhadap konsep tindakan preventif untuk menghadapi peristiwa alam?”
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VI melalui penggunaan pendekatan pembelajaran VCT dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VI melalui penggunaan pendekatan pembelajaran VCT.
Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) Observasi; dan 4) refleksi.
Dari analisis data diketahui bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal, siswa yang mencapai ketuntasan baru 44,44%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 50% dari kondisi awal menjadi 66,67%. Pada siklus II mengalami kenaikan 50% menjadi 100%. Hal yang sama juga terjadi pada kesungguhan belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan pendekatan pembelajaran VCT mampu mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran; Penggunaan pendekatan pembelajaran VCT mampu meningkatkan kesungguhan siswa dalam belajar; Penggunaan pendekatan pembelajaran VCT mampu meningkatkan hasil belajar siswa

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660