BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Pada era globalosasi sekarang ini, dunia pendidikan Indonesia ikut
mendapat pengaruh dari perkembangan yang terjadi di dunia, termasuk model dan
pendekatan pembelajarannya. Selama ini sudah berbagai macam model dan
pendekatan pembelajaran diterapkan oleh para guru, namun hasilnya tetap belum
maksimal. Pada akhirnya diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),
yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu pilar Contextual
Teaching and Learning (CTL) adalah inkuiri atau menemukan yang merupakan
bagian inti dari kegiatan pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang
diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta akan tetapi
hasil dari menemukan sendiri, terutama di dalam memecahkan suatu masalah yang
diberikan oleh guru sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung.
Kemampuan siswa kelas III Sekolah Dasar .........................,
Kecamatan ........................., Kabupaten ......................... dalam
hal menemukan pengetahuan masih sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dalam
beberapa kali proses kegiatan belajar mengajar berlangsung baru 30% siswa yang berani
tunjuk jari bila guru memberikan pertanyaan, 40% siswa yang berani memberikan
masukan pada waktu diskusi, 20% siswa yang mampu memberikan solusi atas
permasalahan teman, dan 48% siswa yang dapat menjawab soal evaluasi dengan
benar, ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa tersebut masih rendah.
Permasalahan yang terjadi di Sekolah Dasar .........................,
Kecamatan ........................., Kabupaten ......................... adalah
rendahnya hasil belajar IPA siswa. Hal ini terbukti dari dua kali pelaksanaan
tes formatif, hasil yang diperoleh belum mencapai ketuntasan. Dari 25 anak yang
mengikuti tes formatif, baru 12 anak (48%) yang mencapai ketuntasan.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu melakukan Penelitian Tindakan
Kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu
memecahkan masalah mengenai kompetensi dasar mendeskripsikan hasil pengamatan
tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
dengan materi energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari, dengan cara
mencari sendiri pemecahannya, sedangkan guru hanya sebagai pembimbing.
Berdasarkan observasi dan diskusi dengan teman sejawat diketahui adanya
beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya pencapaian kompetensi dasar
tersebut. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:
1.
Kurangnya kemampuan siswa dalam mencari dan
menemukan pengetahuan atau konsep.
2.
Rendahnya keberanian siswa dalam memberikan pendapat
sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut di atas dapat disimpulkan beberapa faktor
penyebab timbulnya permasalahan, di antaranya:
1. Guru
belum menerapkan metode yang sesuai dengan pembelajaran yang dilaksanakan.
2.
Guru belum mengaktifkan siswa dalam proses
kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
3.
Guru belum memberikan kesempatan pada siswa
untuk mencari sendiri konsep materi pelajaran.
Supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai, perlu adanya perbaikan proses
pembelajaran, dalam hal ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
- Perumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan di atas, maka perumusan masalah yang akan
dikemukakan adalah “Bagaimana
peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA terhadap konsep pengaruh
energi melalui penggunaan metode inkuiri.”
- Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Tujuan umum penelitian ini adalah:
a. Untuk mengkongkritkan
pembelajaran dan dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran IPA sehingga
pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.
b. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
c. Mengembangkan model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus penelitian ini adalah:
a. Untuk mengetahui apakah penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
b. Meningkatkan pemahaman materi pembelajaran IPA SD kompetensi dasar
mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, dan
getaran.
c. Meningkatkan profesionalisme guru.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi
siswa, guru, dan sekolah khususnya, dan bagi dunia pendidikan pada umumnya.
Manfaat penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat
penelitian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Manfaat Teoritis
a. Mendapatkan pengetahuan baru tentang
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan sendiri melalui
model Contextual Teaching and
Learning (CTL) dan metode
inkuiri.
b. Memberikan wawasan yang lebih luas
tentang penggunaan model Contextual
Teaching and Learning
(CTL) dan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
c. Hasil penelitian ini dapat digunakan
sebagai dasar untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi siswa
Manfaat penelitian bagi siswa adalah:
1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam
menemukan pengetahuan sendiri.
2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3) Meningkatkan hasil belajar siswa.
4) Meningkatkan perhatian dan konsentrasi
siswa dalam pembelajaran.
b. Bagi Guru
Manfaat penelitian bagi guru adalah:
1) Memperbaiki kualitas/mutu kegiatan pembelajaran
yang dikelolanya.
2) Sebagai sarana perbaikan kinerja guru
untuk dapat mengembangkan penggunaan metode pembelajaran.
3) Menambah kemampuan pengetahuan,
wawasan, dan pengalaman bagi guru.
4) Memberikan solusi kepada guru lain
dalam memecahkan masalah pembelajaran.
5) Meningkatkan profesionalisme guru.
c. Bagi Sekolah
Manfaat penelitian bagi sekolah adalah:
1) Memberi masukan kepada penyelenggara
dan Pengelola sekolah dalam upaya memperbaiki dan merumuskan program sekolah ke
depan.
2) Membantu sekolah untuk maju dan
berkembang meningkatkan mutu pendidikan.
3) Meningkatkan kualitas belajar secara
umum.
PTK bab selanjutnya silahkan klik di tag, atau lihat postingan lainnya di tag/kategori. Bagi
yang menghendaki file-nya Laporan PTK lengkap dari judul di atas silahkan dapat
SMS saya di nomor HP. 081328239660, akan saya kirimkan filenya ke alamat email
anda setelah anda transfer ongkos ketik Rp. 50.000,- ke BNI Cabang Kebumen no rek. 0222010799 a.n. Rinoto
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660