Saturday, September 21, 2013

Pengertian Matematika Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Matematika Menurut Beberapa Ahli - Berikut ini kami sampaikan pengertian Matematika menurut beberapa ahli matematika di dunia beserta daftar pustakanya, semoga dapat membantu anda yang sedang mengerjakan laporan penelitian baik PTK maupun skripsi.

Pengertian Matematika ini hanya merupakan referensi saja, jika ada kesalahan atau kekeliruan mohon dimaafkan dan mohon koreksinya.

Berikut ini Pengertian Matematika Menurut Beberapa Ahli:



Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep- konsep yang saling berhubungan satu sama lainnya dengan jumlah yang banyaknya terbagi ke dalam tiga bidang yaitu aljabar, analisis, dan geometri, (James dalam Ruseffendi, dkk 1996: 27). Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan pembuktian yang logis. Matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat representasinya dengan simbol dan padat, (Johnson dan Rising dalam Ruseffendi, dkk. 1996: 28).

Ruseffendi, dkk. (1996). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.

Menurut Reys dkk. dalam Ruseffendi, dkk. (1996: 28) mengemukakan bahwa Matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau cara berpikir, suatu seni suatu bahasa dan suatu alat. Menurut Puskur-Dit PTKSD (2003: 2), Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki obyek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterlibatan antar konsep dalam Matematika bersifat sangat kuat dan jelas.

Puskur-Dit. PTKSD. (2003) Kurikulum 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 

Berdasarkan pengertian-pengertian yang dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa Matematika adalah ilmu yang mempelajari pola berfikir, pola pengorganisasian pembuktian yang logis, serta bahasa dan penelaahannya yang dibangun melalui proses penalaran deduktif.

1 comment:

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660