Saturday, September 21, 2013

Pengertian Alat Peraga Menurut para Ahli

Pengertian Alat Peraga Menurut para Ahli - Alat peraga dalam dunia pendidikan adalah hal yang mutlak harus digunakan oleh para guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Keengganan penggunaan alat peraga sekarang ini banyak dirasakan oleh para guru dengan alasan ribet dan merepotkan. Para guru umumnya menggunakan metode ceramah yang dianggapnya lebih simpel dan sederhana serta mudah dilakukan, tanpa persiapanpun dapat langsung mengajar di kelas menyampaikan materi pembelajaran.

Inilah salah satu alasan mengapa pembelajaran di sekolah kurang berhasil. Berikut ini kami sampaikan Pengertian Alat Peraga Menurut para Ahli Pendidikan dan daftar pustakanya, mudah-mudahan berguna bagi para guru.



Para ahli mempunyai pandangan yang berbeda-beda mengenai hakekat alat peraga. Seperti yang dikutip oleh Nasution. (1998), Gagne menerapkan alat peraga sebagai sumber. Dia mendefinisikan alat peraga sebagai komponen sumber belajar di lingkungan siswa yang merangsang siswa untuk belajar.

Schramm, seperti yang dikutip oleh Nasution. (1998), melihat alat peraga dalam pendidikan sebagai suatu teknik untuk menyampaikan pesan.

Sementara itu Briggs, seperti yang dikutip oleh Nasution. (1998), berpendapat bahwa harus ada sesuatu untuk mengkomunikasikan materi (pesan kurikuler) supaya terjadi proses belajar. Karena itu dia mendefinisikan alat peraga sebagai wahana fisik yang mengandung materi pembelajaran.

Nasution, Noehi, dkk. (1998). Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Alat peraga berbeda dengan alat pelajaran.  Soeparno (1987: 2), menyebutkan bahwa alat pelajaran adalah alat yang dipakai untuk menunjang berlangsungnya proses belajar mengajar. Dengan kata lain alat pelajaran adalah perangkat kerasnya. Jadi, alat pelajaran adalah perangkat keras yang belum diisi program atau memang tidak diisi program. Contohnya: papan tulis yang bersih, penghapus, kapur, meja siswa, tempat duduk siswa, tempat duduk guru, penerangan.

Sedangkan alat peraga menurut Soeparno (1987:2) pada hakikatnya adalah suatu alat yang digunakan untuk memvisualkan suatu konsep tertentu saja. Misalnya seorang guru Matematika mengajarkan balok dengan menggunakan alat peraga berupa kardus bekas kemasan produk makanan yang berbentuk balok. Dengan menggunakan alat peraga tersebut diharapkan siswa dapat lebih mudah menangkap konsep yang disampaikan.

Soeparno. 1987. Alat Peraga Pendidikan. Jakarta: CV. Karya Mandiri

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660