Friday, March 30, 2012

ABSTRAK PTK Bahasa Indonesia Kelas I

Berikut ini contoh abstrak  PTK Bahasa Indonesia Kelas I dengan judul Penggunaan Metode SAS dalam Model Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Di Kelas I SD.

ABSTRAK

Nama. Penggunaan Metode SAS dalam Model Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas I SD. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Program Studi S1 PGSD. FKIP. Universitas. Tahun.

Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut Apakah penggunaan metode SAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang membaca dan menulis.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh informasi faktual tentang keefektifan penggunaan metode SAS dalam meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis pembelajaran Bahasa Indonesaia Kelas I SD

Prosedur penelitian kelas dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu : 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi.

Populasi dan sample pada penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran ... yang berjumlah ... siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data perbaikan pembelajaran ditemukan pada siklus I yaitu: 1) keaktifan belajar siswa studi awal dari 0 siswa (0%), pada siklus I keaktifan naik menjadi ... siswa (…%). Ketuntasan belajar siswa … siswa (…%) dan motivasi belajar ada peningkatan … siswa (…%); 2) pada siklus II keaktifan siswa … siswa (…%) berarti mengalami kenaikan …%. Ketuntasan belajar siswa mencapai … siswa (…%) berarti ada kenaikan …%. Motivasi belajar dicapai … siswa (…%); 3) pada siklus III keaktifan siswa menjadi 100% Persentase kenaikannya adalah …%. Ketuntasan belajar siswa pada siklus III dicapai … siswa (100%) berarti ada kenaikan …%. Motivasi belajar siswa 100% berarti ada peningkatan …%.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SAS dalam pembelajaran aktif dapat meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Tahun.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660