Sunday, October 27, 2013

Pengertian Macam Jenis Kelebihan Media Pembelajaran



Pembelajaran yang dilakukan di sekolah tidak lepas dari media sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Media pembelajaran sangat penting peranannya untuk keberhasilan pembelajaran yang dikelola oleh guru.

Berikut ini Pengertian Macam Jenis Kelebihan Media Pembelajaran:



1.      Media dalam pembelajaran
a.       Pengertian




Media adalah alat-alat yang digunakan oleh seorang pendidik dalam menyampaikan materi atau bahan pendidikan/pembelajaran kepada siswanya. Dalam praktiknya alat bantu lebih sering disebut sebagai peraga karena berfungsi untuk membantu dan memperagakan sesuatu (materi/bahan ajar) di dalam proses pendidikan atau pembelajaran di sekolah.
Media menurut Arsyad (2002) adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media dapat berupa suatu bahan atau alat. Media merupakan sarana pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada siswa yang bertujuan agar siswa mengetahui sesuatu hal.
Media diartikan sebagai bentuk yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (massage), merangsang pikiran perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Bentuk-bentuk media digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar agar menjadi lebih konkrit. (Basyirudin Usman. 2002: 12).
Media berperan sebagai alat bantu belajar yang bisa digunakan sendiri oleh siswa atas bimbingan guru, dalam pembelajaran media digunakan untuk menggantikan sebagian dari fungsi guru dalam memberikan atau menyampaikan pelajaran.
b.      Macam-Macam Media Pembelajaran
Macam-macam media pembelajaran menurut Winataputra (2005) meliputi media visual, media audio, dan media audio-visual. Ketiga jenis media pembelajaran tersebut harus dipahami oleh para guru. Dari masing-masing jenis media tersebut terdapat beberapa bentuk media yang dapat dikembangkan dalam belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran tergantung pada tujuan pembelajaran, sifat bahan ajar, ketersediaan media, dan kemampuan guru dalam menggunakannya.
Media pembelajaran yang sering dipakai dalam pembelajaran adalah media visual yang meliputi gambar, grafis, realia/konkret, dan model. Media konkret adalah segala sesuatu yang nyata dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan efesien menuju kepada tercapainya tujuan yang diharapkan.
Media tumbuhan atau bisa juga disebut alat peraga kongkret adalah metode mengajar dengan cara memperagakan benda nyata atau barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan (Muhibbin Syah.2000: 15).
Pakar lain menyebutkan (Syaiful Bahri Djamarah.2000: 10) Alat peraga kongkret adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran.
Manfaat psikologis pedagogis dari alat peraga kongkret adalah:
1)      Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan.
2)      Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajarai.
3)      Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa (Dradjat. 1985:45).
c.       Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Media
Kelebihan penggunaan media dalam pembelajaran adalah:
1)      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis, atau lisan).
2)      Mengatasi perbatasan ruang, waktu, dan daya indera, seperti objek yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar, film bingkai, film atau model.
3)      Menimbulkan kegairahan belajar.
4)      Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
5)      Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing.
Kekurangan penggunaan media dalam pembelajaran adalah terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya.


Demikian Pengertian Macam Jenis Kelebihan Media Pembelajaran, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660