Tuesday, October 22, 2013

Contoh Kegiatan Refleksi dalam Alur PTK


Di dalam PTK atau Penelitian Tindakan Kelas, ada 4 kegiatan yang penting yang harus dilaksanakan sesuai dengan urutan-urutannya, yaitu:
  1. Perencanaan (planning)
  2. Pelaksanaan/tindakan (Acting)
  3. Pengamatan (observing)
  4. Refleksi (reflecting)
Ke-4 langkah tersebut harus dilaksanakan sesuai urutannya. Berikut ini kami sampaikan kegiatan yang ke-4, yaitu Refleksi:



Contoh Kegiatan Reflaksi dalam Alur PTK pada siklus I
 
Peneliti bersama supervisor 2 melakukan analisis terhadap hasil pengamatan pembelajaran mencari kelemahan dan kelebihan perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan. 

Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada siklus I adalah kurang aktifnya siswa dalam melakukan diskusi kelompok. Metode pembelajaran yang dilakukan kurang membangkitkan motivasi siswa. 

Berdasarkan masukan supervisor atas temuan tersebut, maka peneliti bersama dengan supervisor merancang perbaikan pembelajaran siklus II dengan menerapkan metode kerja kelompok dengan kartu soal dan perlombaan mengerjakan kartu soal. Penggunaan metode kerja kelompok dengan kartu soal dan perlombaan mengerjakan kartu soal diharapkan akan meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar siswa pada siklus II

Contoh Kegiatan Reflaksi dalam Alur PTK pada siklus II


Kegiatan refleksi siklus II dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan. Peneliti bersama supervisor 2 melakukan analisis terhadap hasil pengamatan pembelajaran, mencari kelemahan dan kelebihan perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan. 

Berdasarkan data hasil pengamatan, perbaikan pembelajaran siklus II dinyatakan telah berhasil, seluruh siswa telah aktif melakukan diskusi kelompok, sehingga hasil belajar meningkat mencapai persentase yang diharapkan, yaitu 85% atau lebih. 

Keberhasilan perbaikan pembelajaran siklus II tidak lepas dari penggunaan metode kerja kelompok, kartu soal, dan kegiatan perlombaan mengerjakan kartu soal untuk mengerjakan kartu soal dengan benar sebanyak-banyaknya dalam waktu yang telah ditentukan. Persaingan dalam mengerjakan kartu soal telah berhasil meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam kerja kelompok, sehingga hasil belajar meningkat. Pembelajaran siklus II tidak ditemukan kelemahan. Satu siswa yang tidak tuntas dikarenakan sakit. 

Berdasarkan hasil analisis dan diskusi antara peneliti dengan supervisor 2, perbaikan pembelajaran dinyatakan telah berhasil dan penelitian dihentikan pada siklus II.

Demikian  Contoh Kegiatan Refleksi dalam Alur PTK, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660