Wednesday, October 23, 2013

Contoh Indikator Kinerja Kriteria Keberhasilan PTK



PTK adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru di kelasnya. Untuk mengukur keberhasilan PTK, diperlukan Indikator Kinerja dan Kriteria Keberhasilan PTK.

Dalam sistematika laporan PTK terbaru 2013, Indikator Kinerja dan Kriteria Keberhasilan terletak pada BAB II Kajian Pustaka.

Berikut ini contoh  Indikator Kinerja dan Kriteria Keberhasilan PTK

 
Indikator Kinerja dan Kriteria Keberhasilan


1.      Indikator Kinerja Penelitian

a.       Indikator yang digunakan untuk mengetahui apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA tentang struktur daun dan fungsinya adalah: tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, keaktifan siswa dalam mengidentifikasi struktur daun dan fungsinya dalam diskusi kelompok, dan kesungguhan belajar siswa.

b.      Indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang struktur daun dan fungsinya adalah: deskripsi struktur daun dan fungsinya, gambar berbagai jenis daun, dan penjelasan tentang fungsi daun.

2.      Kriteria Keberhasilan Penelitian

a.       Penggunaan metode inkuiri dinyatakan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA tentang struktur daun fungsinya jika minimal 80% dari jumlah siswa mampu menunjukkan 3 indikator yang dipersyaratkan.

b.      Penggunaan metode inkuiri dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang struktur daun fungsinya jika minimal 80% dari jumlah siswa mendapat nilai di atas 70.


Demikian  Indikator Kinerja dan Kriteria Keberhasilan, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660