Sunday, October 27, 2013

Pengertian Jenis Bentuk Langkah Evaluasi Pembelajaran

Tolok ukur keberhasilan pembelajaran terletak pada evaluasi pembelajaran sebagai upaya untuk mengetahui berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Untuk mendapatkan evaluasi pembelajaran yang efektif seorang guru harus dapat memahami evaluasi itu sendiri.

Berikut ini Pengertian, Jenis-Jenis, Bentuk, dan Langkah-Langkah Evaluasi Pembelajaran yang harus ditempuh oleh seorang guru:


 
1.    Hasil Evaluasi Belajar
a.     Pengertian
Hasil belajar mengacu pada segala sesuatu yang menjadi milik siswa akibat dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Menurut Angkoro (2007:47) belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman. Perubahan persepsi dan pemahaman ini tidak selalu berbentuk perubahan tingkah laku yang diamati. Belajar akan efektif jika dilakukan dalam suasana yang menyenangkan.
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari dalam diri siswa dan faktor yang datang dari luar diri siswa. (lark dalam Angkoro, 2007:50) mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa di sekolah adalah 70% dipengaruhi oleh siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan.
Menurut Bloom dkk, tujuan atau hasil belajar digolongkan menjadi tiga dominan, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Pembagian hasil belajar ke dalam dominan kognitif, afektif dan psikomotor sifatnya tidak terpisah secara tegas, artinya, pada waktu mengembangkan hasil belajar kognitif tidak berarti guru tersebut tidak mengembangkan hasil belajar afektif dan psikomotor. Pembagian ini dilakukan mengingat mata pelajaran memiliki ciri-ciri tertentu tugas untuk mengembangkan hasil belajar yang tertentu pula.
Hasil belajar kognitif mengacu pada hasil belajar yang berkenaan dengan pengembangan otak dan penalaran siswa. Menurut Bloom dkk, dominan kognitif ini mempunyai enam tingkatan yaitu, pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.
b.    Jenis-Jenis Evaluasi
1)    Evaluasi program pembelajaran adalah evaluasi
yang mencakup tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, dan aspe-aspek program pembelajaran yang lain.
2)    Evaluasi pembelajaran adalah evaluasi yang mencakup kesesuaian antara peoses pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang di tetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
3)    Evaluasi hasil pembelajaran mencakup tingkat penguasaan
siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik
.
c.     Bentuk-Bentuk Evaluasi
1)    Evaluasi formatif adalah Evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan/topic, dan di maksudkan untuk mengetahui sejauh manakah proses pembelajaran telah berjalan sebagaimna yang direncanakan.
2)    Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir satu satuan waktu yang di dalamnya tercakup lebih dari satu pokok bahasan atau materi, dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah dari satu unit ke unit yang berikutnya.
3)    Evaluasi diagnostic adalah evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kelebihan-kelebihan dan kelemahan yang ada pada siswa sehingga dapat di berikan perlakuan yang tepat.
d.    Langkah-langkah Evaluasi
1)    Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi.
2)    Menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi, misalnya apakah aspek kognitif, aspek afektif, ataukah aspek psikomotorik.
3)    Memilih dan menentukan teknik yang akan dipergunakan di dalam pelaksanaan evaluasi, misalnya apakah evaluasi itu akan dilaksanakan dengan teknik tes atau teknik non tes.
4)    Menyusun alat-alat pengukur yang akan dipergunakan dalam pengukuran dan penilaian hasil belajar.
5)    Menentukan tolak ukur, norma atau kriteria yang akan dijadikan pegangan atau patokan dalam memberikan interpretasi terhadap data hasil evaluasi.
6)    Menentukan frekuensi dari kegiatan evaluasi hasil belajar itu sendiri.

Demikian Pengertian Jenis Bentuk Langkah Evaluasi Pembelajaran, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660