Berikut ini contoh BAB I PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang dengan judul Meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar terhadap topik uang melalui
penggunaan metode yang bervariasi. Ini adala hanya sebagai contoh referensi saja dalam pembuatan PTK Matematika Kelas II SD, dalam pembuatan laporan tugas akhir mata kuliah.
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Realitas di lapangan yang terjadi di Sekolah Dasar Kelas
III adalah bahwa, bagi siswa pelajaran matematika
dianggap sebuah mata pelajaran yang sangat sulit, sehingga akhirnya nilai ulangan
harian yang diperoleh oleh siswa dalam pelajaran matematika khususnya dalam memecahkan
masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang rendah. Tingkat ketuntasan
belajar siswa rendah, yaitu 30%. Dengan kondisi nilai tersebut
di atas guru sebagai peneliti merasa pembelajaran matematika di kelas III kurang
berhasil.
Berbagai macam
metode telah digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, tetapi hasilnya masih
belum memuaskan. Strategi/pendekatan-pendekatan saja belum cukup
untuk menghasilkan perubahan. Meier (2002: 54) mengatakan bahwa belajar adalah
berkreasi bukan mengkonsumsi. Pengetahuan bukanlah suatu yang diserap oleh
pembelajaran, melainkan sesuatu yang diciptakan oleh pembelajar.
Pembelajaran terjadi ketika seseorang pembelajar
memadukan pengetahuan dan keterampilan baru ke dalam struktur dirinya sendiri
yang telah ada. Belajar berharfiah adalah menciptakan makna baru, sejauh ini
pendidikan kita didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat
fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber
utama pengetahuan. Kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar.
Untuk itu diperlukan strategi belajar baru yang memberdayakan siswa sebuah
strategi belajar tidak mengharuskan siswa menghafalkan fakta-fakta tetapi
sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan di benak
mereka sendiri.
Dalam upaya itu siswa perlu guru sebagai pengarah dan
pembimbing. Dalam kelas tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuan.
Maksudnya guru lebih banyak berurusan dengan strategi dengan alat bantu yang
dikenal siswa di sekitarnya, dari pada memberi informasi. Siswa kelas III sekolah
dasar masih dalam ranah berfikir konkrit, karena itu benda-benda nyata sangat
membantu proses pembelajaran siswa.
Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas
peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD dalam memecahkan
masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada mata pelajaran
Matematika dengan bantuan mata uang kertas dan logam.
- Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan masalah
yang akan dikemukakan adalah “Bagaimana meningkatkan
hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar terhadap topik uang melalui
penggunaan metode yang bervariasi?”
- Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian
ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.
Mendeskripsikan proses penerapan metode bervariasi yang
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2.
Menganalisis peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkan
metode bervariasi.
D.
Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi
siswa, guru, dan sekolah khususnya, dan bagi dunia pendidikan pada umumnya.
Manfaat penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat
penelitian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.
Manfaat Teoritis
a.
Mendapatkan pengetahuan baru tentang cara meningkatkan pemahaman
siswa melalui penggunaan metode yang bervariasi.
b.
Memberikan wawasan yang lebih luas tentang penggunaan metode
yang bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
c.
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk
mengadakan penelitian selanjutnya.
2.
Manfaat Praktis
a.
Bagi siswa
Manfaat penelitian bagi siswa adalah:
1)
Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi
pembelajaran.
2)
Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan
menjawab pertanyaan.
3)
Meningkatkan hasil belajar siswa.
4)
Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran.
b.
Bagi Guru
Manfaat penelitian bagi guru adalah:
1)
Memperbaiki kualitas/mutu kegiatan pembelajaran yang
dikelolanya.
2)
Sebagai sarana perbaikan kinerja guru untuk dapat
mengembangkan penggunaan metode pembelajaran.
3)
Menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman bagi guru.
4)
Memberikan solusi kepada guru lain dalam memecahkan masalah
pembelajaran.
5)
Meningkatkan profesionalisme guru.
c.
Bagi Sekolah
Manfaat penelitian bagi sekolah adalah:
1)
Memberi masukan kepada penyelenggara sekolah dalam upaya
memperbaiki dan merumuskan program sekolah ke depan.
2)
Membantu sekolah untuk maju dan berkembang.
3) Meningkatkan kualitas belajar secara umum.
Postingan yang berkaitan dengan contoh laporan PTK ini dapat dibaca pada:
Contoh Abstrak PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang
Contoh BAB II PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang
Demikian Contoh BAB I PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca dan bagi anak bangsa.
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660