Friday, October 4, 2013

Contoh BAB I PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang



Berikut ini contoh  BAB I PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang dengan judul Meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar terhadap topik uang melalui penggunaan metode yang bervariasi. Ini adala hanya sebagai contoh referensi saja dalam pembuatan PTK Matematika Kelas II SD, dalam pembuatan laporan tugas akhir mata kuliah.
 
BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

Realitas di lapangan yang terjadi di Sekolah Dasar Kelas III adalah bahwa, bagi siswa pelajaran matematika dianggap sebuah mata pelajaran yang sangat sulit, sehingga akhirnya nilai ulangan harian yang diperoleh oleh siswa dalam pelajaran matematika khususnya dalam memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang rendah. Tingkat ketuntasan belajar siswa rendah, yaitu 30%. Dengan kondisi nilai tersebut di atas guru sebagai peneliti merasa pembelajaran matematika di kelas III kurang berhasil.
Berbagai macam metode telah digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, tetapi hasilnya masih belum memuaskan. Strategi/pendekatan-pendekatan saja belum cukup untuk menghasilkan perubahan. Meier (2002: 54) mengatakan bahwa belajar adalah berkreasi bukan mengkonsumsi. Pengetahuan bukanlah suatu yang diserap oleh pembelajaran, melainkan sesuatu yang diciptakan oleh pembelajar.
Pembelajaran terjadi ketika seseorang pembelajar memadukan pengetahuan dan keterampilan baru ke dalam struktur dirinya sendiri yang telah ada. Belajar berharfiah adalah menciptakan makna baru, sejauh ini pendidikan kita didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu diperlukan strategi belajar baru yang memberdayakan siswa sebuah strategi belajar tidak mengharuskan siswa menghafalkan fakta-fakta tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri.
Dalam upaya itu siswa perlu guru sebagai pengarah dan pembimbing. Dalam kelas tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuan. Maksudnya guru lebih banyak berurusan dengan strategi dengan alat bantu yang dikenal siswa di sekitarnya, dari pada memberi informasi. Siswa kelas III sekolah dasar masih dalam ranah berfikir konkrit, karena itu benda-benda nyata sangat membantu proses pembelajaran siswa.
Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD dalam memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada mata pelajaran Matematika dengan bantuan mata uang kertas dan logam.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan masalah yang akan dikemukakan adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar terhadap topik uang melalui penggunaan metode yang bervariasi?

  1. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.      Mendeskripsikan proses penerapan metode bervariasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2.      Menganalisis peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkan metode bervariasi.

       D.    Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah khususnya, dan bagi dunia pendidikan pada umumnya. Manfaat penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat penelitian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.      Manfaat Teoritis
a.       Mendapatkan pengetahuan baru tentang cara meningkatkan pemahaman siswa melalui penggunaan metode yang bervariasi.
b.      Memberikan wawasan yang lebih luas tentang penggunaan metode yang bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
c.       Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi siswa
Manfaat penelitian bagi siswa adalah:
1)      Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran.
2)      Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa.
4)      Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran.
b.      Bagi Guru
Manfaat penelitian bagi guru adalah:
1)      Memperbaiki kualitas/mutu kegiatan pembelajaran yang dikelolanya.
2)      Sebagai sarana perbaikan kinerja guru untuk dapat mengembangkan penggunaan metode pembelajaran.
3)      Menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman bagi guru.
4)      Memberikan solusi kepada guru lain dalam memecahkan masalah pembelajaran.
5)      Meningkatkan profesionalisme guru.
c.       Bagi Sekolah
Manfaat penelitian bagi sekolah adalah:
1)      Memberi masukan kepada penyelenggara sekolah dalam upaya memperbaiki dan merumuskan program sekolah ke depan.
2)      Membantu sekolah untuk maju dan berkembang. 
3)   Meningkatkan kualitas belajar secara umum.


Postingan yang berkaitan dengan contoh laporan PTK ini dapat dibaca pada:

Contoh Abstrak PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang

Contoh BAB II PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang

Demikian Contoh BAB I PTK Matematika Kelas III 3 tiga Topik Uang, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca dan bagi anak bangsa.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660