Thursday, March 13, 2014

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli

Media pembelajaran sangat penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelasnya. Berikut ini Pengertian Media Pembelajaran Menurut para Ahli:

Pengertian Media Pembelajaran menurut Encyclopedia Webster Dictionary dalam Sri Anitah:

Media  berasal  dari  bahasa  Latin  “medium”  adalah  sesuatu yang terletak di tengah (antara dua kutub atau antara dua pihak);  atau suatu alat. Menurut  Encyclopedia  Webster Dictionary (1960),  media  adalah  segala sesuatu yang terletak di tengah dalam letak jenjang, atau alat apa saja yang digunakan sebagai perantara atau penghubung dua pihak atau dua hal. Oleh karena itu media pembelajaran diartikan sebagai alat penghubung dalam keperluan komunikasi instruksional (dalam Sri Anitah, dkk, 1991:7).

Pengertian Media Pembelajaran menurut Romiszowski dalam Basuki Wibawa dan Farida Mukti:

Romiszowski (dalam Basuki Wibawa dan Farida Mukti, 1991:8) berpendapat bahwa “Media adalah pembawa pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (dapat berupa orang/benda) kepada penerima pesan.”  Penerima pesan dalam pembelajaran adalah siswa. Media (pembawa pesan) berinteraksi dengan siswa melalui bimbingan guru secara mandiri menggunakan indera, sehingga siswa dirangsang untuk menerima pesan menggunakan inderanya.


Pengertian Media Pembelajaran menurut Bringgs dalam Sri Anitah:

Pendapat lain dari Bringgs (1977), bahwa “Media pada hakekatnya adalah peralatan fisik untuk membawakan atau menyempurnakan isi pengajaran.” (dalam Sri Anitah, dkk, 1991:7). Dari pendapat tersebut menunjukkan bahwa media berupa alat untuk melengkapi penyajian materi pembelajaran.

Pengertian Media Pembelajaran menurut Gagne dan Reiser dalam Johar Permana dan Mulyani Sumantri:

Gagne dan Reiser (dalam Johar Permana dan Mulyani Sumantri, 2001:152)    mendefinisikan   media   pengajaran  sebagai  alat-alat fisik dimana pesan-pesan instruksional dikomunikasikan. Dalam hal ini media sangat berperan dalam komunikasi untuk menyampaikan pesan atau materi pembelajaran.


Pengertian Media Pembelajaran menurut Gerlach & Ely:

Definisi dari Gerlach & Ely (1980), media adalah grafik, fotografik, elektronik atau alat-alat mekanik untuk menyajikan, memproses dan menjelaskan informasi lisan atau visual. Media yang dimaksud dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Pengertian Media Pembelajaran menurut Johar Permana dan Mulyani Sumantri:

Menurut Johar Permana dan Mulyani Sumantri (2001:153) “Media pengajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan guru sebagai perantara untuk menyampaikan bahan-bahan instruksional dalam proses belajar mengajar  sehingga  memudahkan pencapaian tujuan pengajaran tersebut”

Pengertian Media Pembelajaran menurut Sri Anitah:

Menurut Sri Anitah, dkk, (1991:7) media dalam arti luas adalah setiap orang, bahan atau alat atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa untuk menerima pengetahuan keterampilan dan sikap.

Daftar Pustaka Pengertian Media Pembelajaran:

Anitah, Sri. Dra. dkk. Media Pengajaran. Surakarta: FKIP UNS, 1991.

Romiszowski, A.J. (1984). Designing Instructional System, Decision in Course Planning and Cuniculum Design. New York: Kogan Page London/Nichols Publ.

Sumantri M. Dan Syaodih, N 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660