Sunday, March 9, 2014

Cara Menentukan Masalah Fokus PTK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dari tahap perencanaan. Untuk dapat merencanakan PTK, guru harus menentukan masalah yang akan menjadi fokus penelitian. Penentuan fokus dapat dilakukan guru melalui studi pendahuluan dengan melakukan kegiatan berikut:
  1. Identifikasi masalah, yaitu menentukan masalah yang akan diatasi yang dilakukan melaui refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi guru dapat mengetahui kekurangan yang perlu diperbaiki ataupun kekuatan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan.
  2. Analisis masalah, yaitu mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya masalah yang akan dijadikan dasar dalam merumuskan dan menentukan alternatif tindakan perbaikan. Analisis masalah dapat dilakukan guru dengan mengingat kembali peristiwa yang menimbulkan masalah, berdialog dengan siswa, dan melihat ulang hasil kerja siswa.
  3. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah, yaitu mengidentifikasi berbagai alternatif tindakan yang mungkin dan menentukan prioritas alternatif yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah yangh dihadapi.
  4. Merumuskan masalah, yaitu merumuskan masalah yang akan diatasi melalui penelitian. Rumusan masalah ini dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan.
Setiap guru pasti memiliki permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan sehari-hari di kelasnya, jadi untuk menentukan sebuah masalah yang akan diangkat sebagai bahan penelitian sebenarnya sangatlah mudah, hanya tinggal memilih masalah mana yang mungkin bisa diatasi dengan penelitian sebagai fokusnya.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660