Friday, March 14, 2014

Abstrak PTK Matematika Kelas VI Pecahan

Berikut ini contoh Abstrak laporan PTK Matematika Kelas VI tentang pecahan dengan judul Penggunaan Metode Kerja Kelompok dalam Peningkatan Hasil Belajar MatematikaTentang Operasi Hitung Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Contoh ABSTRAK PTK Matematika Kelas VI

Mahasiswa, NIM 123456789. Judul: Penggunaan Metode Kerja Kelompok dalam Peningkatan Hasil Belajar MatematikaTentang Operasi Hitung Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Metode kerja kelompok adalah metode mengajar dengan mengkondisikan siswa dalam suatu grup atau kelompok sebagai suatu kesatuan dan diberikan tugas untuk dilaksanakan dalam kelompok tersebut.  Metode kerja kelompok terdiri dari metode diskusi, pemecahan masalah, metode proyek, karyawisata, dan permainan peranan/simulasi.

Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Rancangan penelitian perbaikan dilaksanakan 2 siklus tindakan, masing-masing siklus dilaksanakan dalam proses berdaur yang terdiri dari empat tahap yaitu : a) melakukan perencanaan, b) melakukan tindakan, c) mengamati, d) melakukan refleksi.

Setelah diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok, keaktifan siswa dan minat belajar siswa bertambah sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Kata Kunci: Matematika, Hasil Belajar, Pecahan, Kerja Kelompok.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660