Tuesday, February 18, 2014

PTK Kelas I Bahasa Indonesia BAB V

Berikut ini contoh PTK Kelas I Bahasa Indonesia BAB V dengan judul tentang penggunaan metode SAS di Kelas I mata pelajaran Bahasa Indonesia

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan


Berdasarkan pembahasan belajar menulis permulaan melalui metode SAS pada siswa kelas I SD dapat disimpulkan bahwa “penggunaan metode SAS dalam pembelajaran Aktif dapat meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD ... Tahun Pelajaran ...”.

B.    SARAN
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka hasil penulisan ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam upaya meningkatkan mutu proses pembelajaran membaca dan menulis pennulaan, adapun saran-saran dapat diuraikan sebagai berikut:
1.    Bagi Guru/Peneliti
a.    Guru SD hendaknya menggunakan metode SAS dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas I.
b.    Pada saat mengajar guru harus menunjukkan sikap sebagai seorang guru yang simpatik, dan berwibawa yaitu siap administrasi dan siap materi serta menggunakan metode yang tepat.
c.    Dalam mengajarkan membaca dan menulis permulaan di kelas I SD guru menggunakan huruf cetak khususnya huruf kecil.
d.    Untuk meningkatkan profesionalisme, seorang guru harus meningkatkan dan meperbaiki pembelajaran guna mewujudkan cita-cita.
2.    Bagi Siswa
a.    Siswa harus aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melalui peragaan, pengamatan, dan latihan untuk dapat meningkatkan hasil belajarnya.
b.    Siswa hendaknya berani dalam bertanya, mengemukakan pendapat, atau menanggapi pendapat siswa lain dalam proses diskusi kelompok.
c.    Siswa harus selalu melatih keterampilan mengamati agar hasil belajarnya bisa meningkat.
3.    Bagi Sekolah
a.    Sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana misalnya alat peraga dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
b.    Sekolah harus memberikan kesempatan kepada guru seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan peningkatan profesionalisme guru.
c.    KKG/MGMP yang telah lama ada agar diberdayakan lagi, kegiatan lesson study juga merupakan tempat yang sangat baik guna meningkatkan kemampuan guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

D.    Tindak Lanjut
Hasil dari penelitian ini akan ditindaklanjuti dengan meminimalkan pengulangan pembelajaran. Hasil penelitian akan diujicobakan pada materi atau mata pelajaran lain.
Hasil penelitian akan disampaikan kepada teman seprofesi dalam acara KKG atau MGMP tingkat gugus dan Kecamatan.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660