Tuesday, February 25, 2014

Contoh Kerangka Berpikir Metode Demonstrasi

Sebuah laporan PTK akan terlihat sistematis dan runtut jika penyusunannya dilakukan dengan berpedoman pada kerangka berpikir penelitian. Kerangka Berpikir dalam sebuah laporan PTK biasanya terletak pada BAB II setelah kajian pustaka. Berikut ini salah satu Contoh Kerangka Berpikir Metode Demonstrasi yang bisa kita jadikan referensi untuk penyususnan laporan PTK.


Gambar Bagan Kerangka Berpikir Metode Demonstrasi

KERANGKA BERPIKIR

Penggunaan metode ceramah pada pembelajaran studi awal menyebabkan siswa kurang aktif sehingga hasil belajar siswa rendah. Metode ceramah menyebabkan pembelajaran bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar terutama kelas rendah yang masih dalam tahap berpikir konkret.

Perbaikan pembelajaran siklus I guru menggunakan metode demonstrasi. Penggunaan metode demonstrasi dan penerapan pembelajaran kelompok besar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, namun peningkatan yang terjadi belum seperti yang diharapkan.

Perbaikan pembelajaran siklus II guru menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran yang berlangsung secara kelompok dan penggunaan media konkret dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660