Sunday, April 19, 2015

BAB I PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat

Contoh PTK - BAB I PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat - Berikut ini Contoh PTK kenaikan pangkat guru SD BAB I mata pelajaran Matematika dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Konkret pada Siswa Kelas VI SD Negeri .... Tahun Pelajaran ....:

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi anak, karena dalam kehidupan nyata bermasyarakat nanti setelah dewasa, matematika akan selalu digunakan dalam segala aspek kehidupan, untuk itu, keberhasilan pembelajaran matematika siswa menjadi hal yang sangat penting dan mutlak harus dicapai.

Selama ini pembelajaran Matematika secara umum pada tingkat sekolah dasar kebanyakan dilaksanakan dengan metode ceramah, Guru enggan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga, dengan alasan bahwa penggunaan alat peraga atau media pembelajaran membutuhkan biaya besar dan kurang praktis. Tanpa disadari hal itulah yang menyebabkan rendahnya keaktifan dan hasil belajar Matematika siswa pada umumnya.

Permasalahan yang umum terjadi di SD adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Hal ini terbukti bila diadakan ulangan harian selalu hasil belajar Matematika di bawah rata-rata mata pelajaran lainnya.

Permasalahan tersebut terjadi di SD Negeri ...., pembelajaran Matematika yang dilaksanakan oleh Guru kelas VI masih menggunakan metode ceramah, mencatat, dan latihan soal, sehingga anak kurang menguasai konsep pembelajaran yang sebenarnya, sehingga pembelajaran yang diterima siswa tidak berkesan dan tidak terserap secara maksimal, siswa mudah lupa dengan apa yang telah dipelajarinya.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan media konkret dalam pembelajaran, yaitu benda-benda di dalam maupun di luar kelas yang yang memiliki bentuk dasar bangun datar.

Penggunaan media dapat dimanipulasikan, media pembelajaran merupakan lingkungan belajar yang sangat menunjang untuk tercapainya optimalisasi dalam pembelajaran, karena media merupakan jembatan belajar yang awalnya terdapat benda-benda konkret seperti pengalaman anak.

Permasalahan yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri ...., Kecamatan ...., Kabupaten .... adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Hal ini terbukti dari dua kali pelaksanaan ulangan harian, hasil yang diperoleh belum mencapai ketuntasan. Dari … siswa yang mengikuti ulangan harian, baru … anak atau 50 persen yang mencapai ketuntasan.

Dari 2 kali pelaksanaan nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM. Nilai rata-rata siswa 60. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata masih di bawah KKM kelas, yaitu 70.

Hasil pembelajaran yang rendah di atas dikarenakan tingkat keaktifan siswa sangat rendah, yaitu baru mencapai 40 persen siswa yang aktif. Keberanian siswa dalam bertanya juga sangat rendah.

B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan di atas, maka perumusan masalah yang akan dikemukakan adalah:
  1. Apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VI dalam pembelajaran matematika?
  2. Apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran matematika?

C.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
  1. Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan media konkret.
  2. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media konkret.

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan, yaitu antara lain:
  1. Bagi guru dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya melalui penggunaan media konkret.
  2. Bagi para siswa dapat memberikan manfaat yang besar dalam membantu memecahkan masalah pembelajaran Matematika, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar.
Baca selanjutnya:

Demikian BAB I PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat sebagai referensi dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660