Tuesday, November 26, 2013

Daftar Pustaka Pengertian Matematika Menurut Russeffendi

Banyaknya para praktisi pendidikan yang mengadakan penelitian tentang pembelajaran matematika, maka banyak pula yang mencari referensi atau rujukan sebagai acuan kajian pustaka dan daftar pustaka laporan penelitian PTK.

Berikut ini pengertian matematika menurut Russeffendi dan daftar pustakanya:



Matematika berasal dari kata Latin "mathematika" pada awalnya berasal dari bahasa Yunani "mathematike" artinya "mempelajari". Matematika berasal dari kata "mathema" artinya pengetahuan atau ilmu (knowledge, science). Kata "mathematike" berhubungan dengan kata lainnya yang hampir sama, yaitu "mathein" atau "mathenein" yang artinya belajar/berpikir. Berdasarkan asal katanya, matematika berarti ilmu pengetahuan yang didapat dengan berpikir/bernalar. Matematika lebih menekankan kegiatan dalam dunia rasio/penalaran, bukan menekankan dari hasil eksperimen atau hasil observasi. Matematika terbentuk karena pikiran-pikiran manusia, yang berhubungan dengan idea, proses, dan penalaran (Russeffendi ET, 1980 :148).

Matematika terbentuk dari pengalaman manusia dalam dunianya secara empiris. Kemudian
pengalaman itu diproses di dalam dunia rasio, diolah secara analisis dengan penalaran di dalam
struktur kognitif sehingga sampai terbentuk konsep-konsep matematika supaya konsep-konsep
matematika yang terbentuk itu mudah dipahami oleh orang lain dan dapat dimanipulasi secara
tepat, maka digunakan bahasa matematika atua notasi matematika yang bernilai global
(universal). Konsep matematika didapat karena proses berpikir, karena itu logika adalah dasar
terbentuknya matematika.

Pada awalnya cabang matematika yang ditemukan adalah Aritmatika atau Berhitung, Aljabar, Geometri setelah itu ditemukan Kalkulus, Statistika, Topologi, Aljabar Abstrak, Aljabar Linear, Himpunan, Geometri Linier, Analisis Vektor, dan sebagainya.

Ruseffendi, E.T. 1988. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG.
Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya
dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA.
Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E.T, dkk. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud

Dikutip dari Hakikat Matematika dan Pembelajarannya di SD. Bandung: UPI Universitas Pendidikan Indonesia

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660