Wednesday, November 6, 2013

Contoh PTK Bahasa Inggris BAB I Metode Kerja Kelompok

Meskipun pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal, namun tidak ada salahnya kalau dilakukan PTK untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang rendah.

Berikut ini Contoh PTK Bahasa Inggris BAB I Metode Kerja Kelompok dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris melalui Penggunaan Metode Kerja Kelompok pada Siswa Kelas IV SD

BAB I
PENDAHULUAN





A.    Latar Belakang Masalah
1.      Identifikasi Masalah
Kondisi pembelajaran Bahasa Inggris yang terjadi di kelas IV SD Tahun Pelajaran 2013/2014 semester 1 setelah dilakukan studi pendahuluan tingkat ketuntasan belajar siswa sangat rendah. Berdasarkan hasil pengamatan selama pembelajaran Bahasa Inggris berlangsung penggunaan metode satu arah belum bisa mengoptimalkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar kurang memuaskan.
Hasil evaluasi pembelajaran pra siklus, nilai rata-rata siswa adalah 49,19. Perlu diketahui bahwa kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar kelas IV adalah 60. Berdasarkan data hasil evaluasi pra siklus, persentase hasil belajar siswa adalah 12 anak (32,43%) tuntas dan 25 anak (67,57%) belum tuntas.
Berdasarkan hasil di atas, peneliti bersama supervisor 2 mengidentifikasi masalah tersebut karena kurangnya perhatian guru kepada siswa sehingga siswa kurang aktif, yang mengakibatkan hasil belajar kurang memuaskan.
2.      Analisis Masalah
Guru selama melaksanakan pembelajaran di kelas belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, sehingga sebagian siswa yang aktif dan yang lainnya diam dan kadang bercanda dengan teman sebelahnya.
3.      Alternatif Pemecahan Masalah
Berdasarkan kekurangan tersebut, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa aktif, baik fisik, mental maupun sosial, yaitu metode kerja kelompok. Melalui metode kerja kelompok, siswa terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi, analisis masalah, dan alternatif pemecahan di atas, rumusan masalah penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.      Apakah penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris?
2.      Apakah penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris?
C.    Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.      Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris..
2.      Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
D.    Manfaat Penelitian Perbaikan pembelajaran
Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.      Manfaat Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode kerja kelompok.
2.      Manfaat Praktis
a.      Bagi Guru
Dapat mengetahui strategi yang tepat untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui metode kerja kelompok dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
b.      Bagi Siswa
Dapat meningkatkan aktivitas baik secara fisik, mental, maupun sosial melalui kerja kelompok sehingga memperoleh hasil yang memuaskan.
c.       Bagi Sekolah
Dapat meningkatkan mutu sekolah dan memberikan pengalaman baru serta masukan bagi guru untuk meningkatkan kinerjanya dalam upaya peningkatan aktivitas sswa dengan melaksanakan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  

Demikian Contoh PTK Bahasa Inggris BAB I Metode Kerja Kelompok, semoga bermanfaat

Baca juga:
Contoh PTK Bahasa Inggris Abstrak Metode Kerja Kelompok
Contoh PTK Bahasa Inggris BAB II Metode Kerja Kelompok

No comments:

Post a Comment

Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660