Mills, G.e. 2000. Action Research. A Guide for the Teacher Researcher. Columbus: Merrill, An Imprint of Prentice Hall.
PTK adalah proses penelitian yang sistematis dan terencana melalui tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri.
Schmuck, R.A. 1997. Practical Action Research for Change. Arlington Height: Skylight Professional Development.
PTK bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih meningkat.
Guru perlu melakukan penelitian tindakan kelas karena beberapa alasan berikut ini (Wardani, dkk, 2005):
- Guru mempunyai otonomi untuk menilai sendiri kinerjanya.
- Temuan berbagai penelitian pembelajaran yang dilakukan oleh para peneliti sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.
- Guru adalah orang yang paling akrab dan paling mengetahui kelasnya.
- Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik.
- Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.
Wardani, IG.A.K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dengan melakukan PTK, guru memperoleh banyak manfaat. Menurut Wardani, dkk, (2005) manfaat PTK bagi guru antara lain:
- membantu guru memperbaiki pembelajaran,
- membantu guru berkembang secara profesional,
- meningkatkan rasa percaya diri guru, serta
- memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
Keterbatasan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah:
- kesahihan atau validitasnya yang masih sering disangsikan,
- tidak dapat melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas, serta
- peran guru yang sekaligus bertindak sebagai pengajar dan peneliti sering membuat guru menjadi sangat repot.
Wardani, IG.A.K., Julaeha, S., & Marsinah, N. 2013. Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660