Sunday, April 19, 2015

BAB I PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat

Contoh PTK - BAB I PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat - Berikut ini Contoh PTK kenaikan pangkat guru SD BAB I mata pelajaran Matematika dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Konkret pada Siswa Kelas VI SD Negeri .... Tahun Pelajaran ....:

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi anak, karena dalam kehidupan nyata bermasyarakat nanti setelah dewasa, matematika akan selalu digunakan dalam segala aspek kehidupan, untuk itu, keberhasilan pembelajaran matematika siswa menjadi hal yang sangat penting dan mutlak harus dicapai.

Selama ini pembelajaran Matematika secara umum pada tingkat sekolah dasar kebanyakan dilaksanakan dengan metode ceramah, Guru enggan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga, dengan alasan bahwa penggunaan alat peraga atau media pembelajaran membutuhkan biaya besar dan kurang praktis. Tanpa disadari hal itulah yang menyebabkan rendahnya keaktifan dan hasil belajar Matematika siswa pada umumnya.

Permasalahan yang umum terjadi di SD adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Hal ini terbukti bila diadakan ulangan harian selalu hasil belajar Matematika di bawah rata-rata mata pelajaran lainnya.

Permasalahan tersebut terjadi di SD Negeri ...., pembelajaran Matematika yang dilaksanakan oleh Guru kelas VI masih menggunakan metode ceramah, mencatat, dan latihan soal, sehingga anak kurang menguasai konsep pembelajaran yang sebenarnya, sehingga pembelajaran yang diterima siswa tidak berkesan dan tidak terserap secara maksimal, siswa mudah lupa dengan apa yang telah dipelajarinya.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan media konkret dalam pembelajaran, yaitu benda-benda di dalam maupun di luar kelas yang yang memiliki bentuk dasar bangun datar.

Penggunaan media dapat dimanipulasikan, media pembelajaran merupakan lingkungan belajar yang sangat menunjang untuk tercapainya optimalisasi dalam pembelajaran, karena media merupakan jembatan belajar yang awalnya terdapat benda-benda konkret seperti pengalaman anak.

Permasalahan yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri ...., Kecamatan ...., Kabupaten .... adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Hal ini terbukti dari dua kali pelaksanaan ulangan harian, hasil yang diperoleh belum mencapai ketuntasan. Dari … siswa yang mengikuti ulangan harian, baru … anak atau 50 persen yang mencapai ketuntasan.

Dari 2 kali pelaksanaan nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM. Nilai rata-rata siswa 60. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata masih di bawah KKM kelas, yaitu 70.

Hasil pembelajaran yang rendah di atas dikarenakan tingkat keaktifan siswa sangat rendah, yaitu baru mencapai 40 persen siswa yang aktif. Keberanian siswa dalam bertanya juga sangat rendah.

B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan di atas, maka perumusan masalah yang akan dikemukakan adalah:
  1. Apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VI dalam pembelajaran matematika?
  2. Apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran matematika?

C.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
  1. Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan media konkret.
  2. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media konkret.

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan, yaitu antara lain:
  1. Bagi guru dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya melalui penggunaan media konkret.
  2. Bagi para siswa dapat memberikan manfaat yang besar dalam membantu memecahkan masalah pembelajaran Matematika, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar.
Baca selanjutnya:

Demikian BAB I PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat sebagai referensi dan semoga bermanfaat.

Abstrak PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat

Contoh PTK - Abstrak PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat - Abstrak adalah intisari PTK yang merupakan ringkasan isi PTK. Berikut ini Abstrak PTK Matematika untuk guru SD Kelas VI sebagai persyaratan Kenaikan Pangkatdengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Konkret pada Siswa Kelas VI SD Negeri .... Tahun Pelajaran ....:

 ABSTRAK

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan media konkret dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media konkret. Hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri .... sangat rendah, oleh karena itu upaya peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri .... pada Tahun Pelajaran .... sangat penting.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa Pada pembelajaran pra siklus ketuntasan belajar siswa baru mencapai 50 persen, yaitu hanya … dari … anak yang telah tuntas dengan mendapatkan nilai hasil ulangan di atas KKM 70.

Pada pembelajaran siklus I siswa yang telah mencapai nilai KKM meningkat menjadi … anak (66,7%) dan pada kegiatan pembelajaran siklus II meningkat dengan signifikan menjadi … anak (96,7%). Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas VI SD Negeri .... Tahun Pelajaran .....

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Media Konkret

Selanjutnya baca juga:

Demikian  Abstrak PTK Matematika SD Kelas VI Kenaikan Pangkat, sebagai referensi dan semoga bermanfaat.

Contoh Berita Acara Pelaksanaan Seminar PTK Kenaikan Pangkat

Contoh PTK - Contoh Berita Acara Pelaksanaan Seminar PTK Kenaikan Pangkat - Berikut ini contoh Berita acara seminar PTK bagi guru SD sebagai salah satu persyaratan kenaikan pangkat dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Konkret pada Siswa Kelas VI SD Negeri .... Tahun Pelajaran ....:

BERITA ACARA PELAKSANAAN SEMINAR
LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Pada hari ini    :     
Tanggal    :    
Pukul    :   
Bertempat di ruang    :    
Pada Sekolah    :   
Dengan alamat    :    
Nomor Telphon/Fax    :   
Email    :   

Telah diselenggarakan acara Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas:
Judul PTK    :    Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Konkret pada Siswa Kelas VI SD Negeri .... Tahun Pelajaran ....

Peneliti    :    Rinoto
NIP    :   
Jabatan    :    
Pangkat/Golongan    :   
Unit Kerja    :   
Alamat Rumah    :   
Nomor Telphon/ HP    :   
Email    :   

Pada Acara Seminar tersebut    :
Penyaji    :   
Moderator    :   
Pembahas    :   
Susunan Acara Seminar    :    (a) Pembukaan, (b) Sambutan Kepala Sekolah dan/atau Pengawas Sekolah, (c) Pemaparan Singkat Laporan Hasil Penelitian Oleh Penyaji/ Penulis Laporan, (d) Tanggapan, pertanyaan, kritik/saran, masukan dari Peserta Seminar dan Tanggapan dari Penyaji, (e) Penutup.

Jumlah Peserta yang Hadir    :    …….. Orang (Daftar Hadir Terlampir)

Adapun notulen jalannya acara seminar, print out bahan tayang paparan penyaji serta foto kegiatan seminar terlampir dalam berita acara ini.

Demikian berita acara ini dibuat dengan sebenarnya, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



…………………………..
NIP. ………………………..

Kabupaten, …………………….
Ketua Panitia Seminar



…………………………..
NIP. ………………………..
 

Selanjutnya baca juga:
 
Demikian Contoh Berita Acara Pelaksanaan Seminar PTK Kenaikan Pangkat, sebagai referensi dan semoga bermanfaat.