Sunday, March 9, 2014

Cara Menentukan Masalah Fokus PTK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dari tahap perencanaan. Untuk dapat merencanakan PTK, guru harus menentukan masalah yang akan menjadi fokus penelitian. Penentuan fokus dapat dilakukan guru melalui studi pendahuluan dengan melakukan kegiatan berikut:
  1. Identifikasi masalah, yaitu menentukan masalah yang akan diatasi yang dilakukan melaui refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi guru dapat mengetahui kekurangan yang perlu diperbaiki ataupun kekuatan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan.
  2. Analisis masalah, yaitu mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya masalah yang akan dijadikan dasar dalam merumuskan dan menentukan alternatif tindakan perbaikan. Analisis masalah dapat dilakukan guru dengan mengingat kembali peristiwa yang menimbulkan masalah, berdialog dengan siswa, dan melihat ulang hasil kerja siswa.
  3. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah, yaitu mengidentifikasi berbagai alternatif tindakan yang mungkin dan menentukan prioritas alternatif yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah yangh dihadapi.
  4. Merumuskan masalah, yaitu merumuskan masalah yang akan diatasi melalui penelitian. Rumusan masalah ini dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan.
Setiap guru pasti memiliki permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan sehari-hari di kelasnya, jadi untuk menentukan sebuah masalah yang akan diangkat sebagai bahan penelitian sebenarnya sangatlah mudah, hanya tinggal memilih masalah mana yang mungkin bisa diatasi dengan penelitian sebagai fokusnya.

Mengapa Guru Harus Melakukan PTK?

PTK adalah proses penelitian sistematis yang dilakukan guru atau orang lain dalam lingkungan pembelajaran untuk memperoleh informasi tentang bagaimana guru mengajardan siswa belajar serta melakukan tindakan untuk memperbaikinya (Mills, 2000).

Mills, G.e. 2000. Action Research. A Guide for the Teacher Researcher. Columbus: Merrill, An Imprint of Prentice Hall.

PTK adalah proses penelitian yang sistematis dan terencana melalui tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri.

Schmuck, R.A. 1997. Practical Action Research for Change. Arlington Height: Skylight Professional Development.

PTK bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih meningkat.

Guru perlu melakukan penelitian tindakan kelas karena beberapa alasan berikut ini (Wardani, dkk, 2005):
  1. Guru mempunyai otonomi untuk menilai sendiri kinerjanya.
  2. Temuan berbagai penelitian pembelajaran yang dilakukan oleh para peneliti sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.
  3. Guru adalah orang yang paling akrab dan paling mengetahui kelasnya.
  4. Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik.
  5. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.

Wardani, IG.A.K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.



Dengan melakukan PTK, guru memperoleh banyak manfaat. Menurut Wardani, dkk, (2005) manfaat PTK bagi guru antara lain:
  1. membantu guru memperbaiki pembelajaran,
  2. membantu guru berkembang secara profesional,
  3. meningkatkan rasa percaya diri guru, serta
  4. memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
Wardani, IG.A.K., Julaeha, S., & Marsinah, N. 2005. Buku Materi Pokok: Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta: Universitas Terbuka.
 
Keterbatasan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah:
  1. kesahihan atau validitasnya yang masih sering disangsikan,
  2. tidak dapat melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas, serta
  3. peran guru yang sekaligus bertindak sebagai pengajar dan peneliti sering membuat guru menjadi sangat repot.

Wardani, IG.A.K., Julaeha, S., & Marsinah, N. 2013. Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Thursday, March 6, 2014

LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT PTK MATEMATIKA KELAS III TOPIK UANG

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu syarat tugas akhir perkuliahan yang sangat penting dan harus dijaga mutu dan keabsahannya, untuk itu diperlukan lembar penyataan bebas plagiat. Berikut ini contoh LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT PTK MATEMATIKA KELAS III TOPIK UANG.

LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Nama Kota, Bulan Tahun
Yang membuat pernyataan,

Meterai 6.000,-

Nama Mahasiswa
NIM. 1234567890

Demikian LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT PTK MATEMATIKA KELAS III TOPIK UANG, semoga bermanfaat.