BAB V
SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan temuan yang diperoleh pada Studi awal, siklus I, dan II dapat ditarik kesimpulan bahwa:
- Pemberian contoh uang kertas dan logam dengan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaran Matematika pada topik uang.
- Pemberian contoh uang kertas dan logam dengan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaran Matematika pada topik uang.
B. Saran Tindak Lanjut
1. Bagi Guru/Peneliti
- Guru hendaknya mencoba menerapkan cara belajar yang serupa pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan partisipasi siswa secara aktif dalam pembelajaran.
- Pada pembelajaran matematika guru sebaiknya menggunakan alat peraga seperti pemberian contoh uang kertas dan uang logam karena dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang, dan waktu.
- Sebagai seorang pendidik, guru harus berinovasi untuk mendapatkan pengetahuan yang memadai agar tidak tertinggal dengan perkembangan pengetahuan yang semakin pesat.
2. Bagi Siswa
- Siswa harus aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.
- Siswa hendaknya lebih aktif dalam proses diskusi kelompok sehingga hasil belajar meningkat.
3. Bagi Sekolah
- Sekolah harus memberikan fasilitas dan kesempatan kepada guru seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya dengan sarana dan prasarana yang mendukung.
- KKG/MGMP yang telah lama ada agar diberdayakan lagi, kegiatan lesson study juga merupakan tempat yang sangat baik guna meningkatkan kemampuan guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
No comments:
Post a Comment
Bagi yang menginginkan contoh PTK lengkap bisa SMS ke 081328239660