Wednesday, February 12, 2014

Kerucut Pengalaman Belajar Edgar Dale

Dalam dunia pendidikan dikenal istilah pengalaman belajar sebagai hasil belajar. Banyak para ahli yang mengemukakan dan berpendapat tentang pengalaman belajar. Salah satunya adalah Edgar Dale.
Edgar Dale mengemukakan pengalaman belajar dalam bentuk kerucut pengalaman belajar.

Berikut ini kerucut pengalaman belajar menurut Edgar Dale, ada 11 jenis pengalaman yang dapat divariasikan:


  1. pengalaman langsung
  2. pengalaman melalui benda tiruan
  3. pengalaman melalui dramatisasi
  4. pengalaman melalui demonstrasi
  5. pengalaman melalui karya wisata
  6. pengalaman melalui pameran
  7. pengalaman melalui TV
  8. pengalaman melalui gambar hidup
  9. pengalaman melalui rekaman
  10. pengalaman melalui lambang visual
  11. pengalaman melalui lambang verbal
Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New Yorg: Holt, Rinehart and
         Winston Inc. The Dryden Press.

Demikian kerucut pengalaman belajar menurut Edgar Dale, semoga bisa membantu

Sunday, December 1, 2013

Contoh Daftar Pustaka Huruf C

Cannon, W. B. 1927. The James-Lange theory of emotion: A critical examination and an alternative
           theory. American Journal of Psychology ;39:10-124.

Chaiken, S. 1987. The heuristic model of persuasion. In M. P. Zanna, J. M. Olson and C. P. Herman
           (eds.), Social influence: The Ontario Symposium (Volume 5, pp. 3-39), Hillsdale, NJ: Erlbaum

Chaiken, S., Liberman, A. & Eagly, A. H. 1989. Heuristic and systematic information processing
           within and beyond the persuasion context. In Uleman, J. S. & Bargh, J. A. (Eds.), Unintended
           thought, 212-252. New York: Guilford Press.

Contoh Daftar Pustaka Wahyana Bloom Winkel, Slameto

Wahyana. 1997. Kapita Selekta Fisika. Jakarta: Karunika.

Winkel W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Bloom, Benyamin S. et. al (A Commitee of College and University Examiners). 1975. Taxonomy of
             Educational Objectives. New York: David McKay Company, Inc.

Winkel SJ., W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Winkel SJ., W.S. 1986. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Mukhtar, A.M. 1999. Audit Sistem Informasi. Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 1991. Belajar dan Fakor-faktor yang Mempengaruhi.  Jakarta: Pt. Bina Karya