Monday, April 23, 2012

PTK IPA KELAS V BAB II


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
  1. Kerangka Teori
1.      Belajar
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu (1993:13).
Belajar adalah proses mencari jawaban dari yang tidak tahu menjadi tahu. Menurut Reg Revans (1998), belajar adalah proses menanyakan sesuatu yang berawal dari ketidaktahuan tentang apa yang dilakukan.
Belajar menurut Suharsimi Arikunto (1993:19) adalah suatu proses yang terjadi karena adanya usaha untuk mengadakan perubahan terhadap diri manusia yang melakukan, dengan maksud memperoleh perubahan dalam dirinya, baik berupa pengetahuan, keterampilan, ataupun sikap.

PTK IPA KELAS V BAB I


BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Pendidikan di Indonesia sekarang ini terpengaruh oleh perkembangan yang terjadi di dunia, termasuk model dan pendekatan pembelajarannya. Para guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah menggunakan berbagai macam model dan pendekatan pembelajaran, namun hasilnya tetap belum maksimal. Pada akhirnya diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Mengidentifikasi Cara Tumbuhan Hijau Membuat Makanan melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas V SD


ABSTRACT

............................ Efforts to Increase Learning Outcomes Identify the IPA on How Green Plants Make Food through the use of inquiry methods in Class V Sidodadi Elementary School. Classroom Action Research (PTK).
Studies Program. Open University. .......................... 2011.
The formulation of a structured problem is "What is the use of inquiry methods can enhance students' learning material class V of IPA on identifying how green plants make food?"
This class action research aims to obtain factual information about the use of inquiry methods to increase student learning outcomes.
Classroom Action Research Procedure implemented through grooved process consists of four stages, namely: 1) planning, 2) implementation; 3) Observation; and 4) reflection.
From the analysis of data on each cycle is known that an increase in the thoroughness of student learning. In preliminary studies, students who achieve 54% completeness. In cycle I students who achieve exhaustiveness increased 31% from the initial study to be 70.83%. In the second cycle students who achieve exhaustiveness increased 41% from cycle I to 100%. The same thing happened on the seriousness of student learning.
Based on the results of data analysis of this study can be concluded that: The use of inquiry methods can facilitate students in understanding the learning material; Use inquiry methods to increase the seriousness of students in learning; Use inquiry methods to improve student learning outcomes